Jokowi Resmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam

Rizky Alika
9 November 2021, 22:43
Jokowi, tugu, presiden
ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/sgd/hp.
Presiden Joko Widodo (tengah) disaksikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) dan putra Presiden pertama RI Soekarno, Guntur Soekarnoputra meresmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (9/11/2021). ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/sgd/hp.\

Presiden Joko Widodo, atau Jokowi, meresmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (9/11). Tugu tersebut berada di hadapan Patung Bung Karno.

Jokowi mengatakan, keberadaan tugu ini akan menambah pengingat kepada seluruh bangsa Indonesia untuk terus menyalakan semangat Pancasila, menjaga persatuan dan kesatuan, menjaga kerukunan nasional, dan semangat inovasi.

"Bung Karno pernah menyatakan: warisi apinya, jangan abunya. Warisi semangat yang menyala-nyala," kata Jokowi dalam pidato sambutannya, Jakarta, Selasa (9/11).

 Menurut Jokowi, Bung Karno juga mengingatkan semangat untuk memperjuangkan kemerdekaan, mengisi kemerdekaan, dan membangun Indonesia maju.

Presiden mengatakan, bangsa saat ini harus menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia penting untuk dunia.

Indonesia bisa berbuat banyak untuk kepentingan dunia dan layak menjadi salah satu pemimpin dalam peta dinamika dunia.

Adapun, kunci dari hal tersebut ialah semangat perjuangan bangsa yang tidak boleh padam.

"Tugu ini adalah salah satu pengingat kobaran semangat kita, semangat untuk melanjutkan perjuangan para founding fathers," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

 Bersamaan dengan tugu api tersebut, dibangun juga Patung Presiden Soekarno untuk menghormati jasa kepada Bung Karno sebagai perintis kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam laporannya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjelaskan, patung tersebut menggambarkan Bung Karno sedang menunggangi kuda saat melaksanakan inspeksi pasukan pada Upacara Peringatan Hari Angkatan Perang, 5 Oktober 1946, di Yogyakarta.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...