Jalur Kereta Api Bogor-Cigombong Ditargetkan Rampung Maret 2022

Cahya Puteri Abdi Rabbi
15 November 2021, 11:03
kereta, kereta api, Bogor
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/rwa.
Dua alat berat digunakan untuk menyelesaikan pembangunan jalur ganda Kereta Api (KA) Bogor-Sukabumi di Kelurahan Empang, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (22/2/2021). Pembangunan jalur ganda KA Bogor-Sukabumi yang merupakan salah satu proyek strategis nasional tersebut untuk ruas jalur Paledang-Cicurug telah mencapai 70 persen dan diperkirakan selesai tahun ini.

Pembangunan tahap 1 jalur ganda kereta api (KA) dari Bogor - Cigombong ditargetkan selesai pada Maret 2022.  Keberadaan jalur tersebut akan meningkatkan mobilitas barang dan jasa kedua wilayah.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau progres pembangunan jalur KA tersebut bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

"Dengan selesainya proyek tahap 1 jalur ganda KA Bogor-Cigombong, diharapkan angkutan penumpang dan barang bisa lebih produktif,” kata Budi dalam keterangan resminya, Minggu (14/11).

Budi mengungkapkan, revitalisasi dan pembangunan jalur ganda KA Bogor - Sukabumi sangat dibutuhkan masyarakat, mengingat tingkat kebutuhan mobilitas penumpang dan barang yang tinggi antar kedua kota tersebut.

 Dengan adanya jalur ganda KA Bogor - Sukabumi nantinya, akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari yang tadinya 2 jam menjadi hanya 1 jam 20 menit.

 Kemudian, jalur ini diharapkan dapat meningkatkan frekuensi  kereta api penumpang dari enam trip menjadi 12 trip dan frekuensi KA barang dari dua trip menjadi delapan trip.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...