Korea Selatan Catat Rekor Kasus Covid, Lonjakan juga Terjadi di Jerman

Cahya Puteri Abdi Rabbi
18 November 2021, 10:15
covid-19, korea selatan, Jerman
ANTARA FOTO/REUTERS/Jung Yeon-je/Pool /hp/cf
Seorang tenaga medis menerima dosis kedua vaksin penyakit virus korona (COVID-19) Pfizer-BioNTech di sebuah pusat vaksinasi di Seoul, Korea Selatan, Sabtu (20/3/2021).

Kasus Covid-19 mulai melonjak kembali di sejumlah negara dan kawasan, termasuk Korea Selatan dan Jerman. Kondisi tersebut membuat ketersediaan ruang ICU semakin menipis.

Korea Selatan pada Kamis (18/11)  melaporkan tambahan kasus sebanyak 3.292. Angka tersebut merupakan rekor tertinggi  yang pernah dilaporkan negara tersebut.

Dikutip dari Reuters, sekitar 26 kasus baru tercatat di Seoul metrpoloitan area.  Sementara itu, kasus dengan gejala berat masih berada di level 500 meskipun angkanya sudah turun ke 506.

Menyusul lonjakan kasus, Perdana Menteri Korea Selatan Kim Boo-kym akan menggelar pertemuan dengan pejabat tinggi serta pengelola rumah sakit di ibu kota.

Lonjakan kasus di Korea Selatan terjadi setelah negara tersebut melonggarkan sejumlah kebijakan penanganan Covid-19.

 Sebagai informasi, Korea Selatan memberikan sejumlah pelonggaran terutama untuk social distancing pada awal bulan ini setelah mencapai 70% target vaksinasi.

Hingga kini, sebanyak 78,5% dari 52 juta warga Korea Selatan sudah mendapatkan vaksinasi penuh, termasuk 90% dari kalangan dewasa.

Badan Pencergahan dan Pengendalian Penyakit Korea (KDCA) mengatakan lonjakan kasus juga disebabkan lambannya efek vaksin kepada kelompok rentan, termasuk lansia.

 Karena itulah, Korea memutuskan untuk memperpendek interval penyuntikan dosis booster kepada penduduk berusia 60 tahun ke atas.

Juga, kepada mereka yang bekerja di layanan perawatan untuk lansia.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...