Luhut: RI Cuma Level 1, Eropa yang Katanya Hebat Covidnya Malah Naik

Image title
Oleh Maesaroh
24 November 2021, 11:30
Luhut, Covid-19, covid, eropa
Katadata
Luhut Pandjaitan

Kasus Covid-19 di Indonesia saat ini jauh lebih rendah dibandingkan negara-negara Eropa, seperti Jerman dan Austria. Status Indonesia menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC)  Amerika Serikat kini berada di level 1 sementara negara-negara Eropa banyak yang berada di level 4.

"Indonesia statusnya sudah di level 1, satu-satunya di level 1.  Selandia Baru yang digadang-gadang paling hebat penanganan Covid-nya ada di level 2.  Kita lihat di Eropa, di negara-negara yang katanya hebat itu kasusnya naik," tutur Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan dalam  Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi 2021, Rabu (24/11).

CDC menerpakan tingkat risiko perjalanan akibat Covid-19  dengan menggunakan empat level kategori. 

Beberapa indikator penentu level tadi yakni jumlah kasus Covid-19 di sebuah negara dalam beberapa hari terakhir dan pelacakan kasus baru virus.

Level empat merupakan yang tertinggi dalam kategori CDC, di atas level tiga (tinggi), dua (moderat), dan satu (rendah).

 Indonesia merupakan salah satu dari sedikit negara di  kawasan Asia yang masuk kategori level 1. Beberapa negara lainnya adalah Cina, India, Jepang, dan Taiwan.

Berdasarkan data CDC, beberapa negara Eropa seperti Austria, Jerman, Belgia, Rusia, dan Denmark berstatus level 4.

Sebagai catatan, Eropa kembali menjadi episentrum penyebaran Covid-19 di dunia menyusul lonjakan kasus di kawasan tersebut.

Jerman, misalnya, melaporkan tambahan kasus sebanyak 45.326 pada Selasa (23/11). padahal, di bulan Oktober, negara tersebut rata-rata hanya melaporkan kasus baru di bawah 20 ribu per hari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...