Trans Banyumas Resmi Beroperasi untuk Layani Tiga Koridor

Cahya Puteri Abdi Rabbi
6 Desember 2021, 09:57
transportasi, Trans Banyumas, Kementerian Perhubungan
Kementerian Perhubungan
Bus Trans Banyumas

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan layanan bus buy the service (BTS) Trans Banyumas di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (5/12). 

Kabupaten Banyumas menjadi kota dengan layanan Teman Bus kedua pada tahun 2021 dan menjadi kota ke tujuh yang dilayani oleh Teman Bus.

"Berdasarkan hasil evaluasi, penelitian, dan kajian yang dilakukan oleh tim independen yang dipimpin oleh pakar transportasi, Djoko Setijowarno, bahwa potensi masyarakat Banyumas masih familiar dengan angkutan umum," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi dalam keterangan resminya, Minggu (5/12).

Teman Bus di kabupaten Banyumas akan melayani 3 (tiga) koridor, antara lain:

  • Koridor 1: Pasar Pon - Terminal Ajibarang. Dalam jarak tempuh PP 39 km.
  • Koridor 2: Terminal Notog - Terminal Baturaden Bawah. Dalam jarak tempuh 48 km.
  • Koridor 3: Terminal Kebon Dalem - Terminal Bulupitu. Dalam jarak tempuh 47 km.

     Ketiga koridor tersebut telah dikonsepkan ramah disabilitas yaitu, dilengkapi dengan lantai rendah di bagian belakang bus, serta ramp sebagai akses bagi pengguna kursi roda.

Budi mengatakan bahwa, pada tahun 2022, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan menganggarkan dana sebesar Rp 800 miliar hanya untuk BTS di 10 kota besar. Khusus untuk satu koridor di Bandung dan dua koridor di Surabaya akan menggunakan bus listrik.

Potensi penggunaan bus listrik ini juga memungkinkan dibangun di Purwokerto dan Banyumas jika infrastrukturnya terpenuhi.

“Angkutan umum pada sebuah negara maju telah menjadi backbone. Jadi, jika Purwokerto atau Banyumas ingin disebut sebagai kota yang maju dan modern, kita harapkan dapat mengkampanyekan kepada masyarakat sekitar untuk menggunakan bus ini,” ujarnya.

 Sementara itu, dalam hal teknis operasionalnya, Direktur Angkutan Jalan, Suharto menjelaskan, Teman Bus di Kabupaten Banyumas akan melayani dengan jarak antar bus (headway) sejauh 12 menit.

Lalu, pada bulan Desember akan dioperasikan sati koridor yaitu koridor 3 Terminal Kebon Dalem - Terminal Bulupitu.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...