Kecelakaan Beruntun, Transjakarta Minta Maaf dan Hentikan 229 Bus

Intan Nirmala Sari
4 Desember 2021, 15:41
transjakarta, transportasi, kecelakaan, kecelakaan bus, Jakarta
ANTARA/HO-Satlantas Polres Metro Jaktim
Kondisi bus TransJakarta yang mengalami kecelakaan di Cawang, Jakarta, Senin (25/10/2021). ANTARA/HO-Satlantas Polres Metro Jaktim\

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta alias TransJakarta meminta maaf kepada masyarakat, terkait rentetan kecelakaan yang menimpa beberapa armada perusahaan jasa transportasi tersebut. Manajemen juga mengambil langkah preventif dengan menghentikan operasi dua operator bus.

"Saya atas nama Direksi PT TransJakarta mohon maaf terkait kecelakaan pada Kamis dan Jumat kemarin," kata Direktur Utama TransJakarta, Mochammad Yana Aditya saat konferensi pers di Jakarta Timur, Sabtu (4/12).

Saat ini, manajemen Transjakarta berupaya melakukan perbaikan termasuk melaksanakan audit menyeluruh dengan menggandeng Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Dia juga menjelaskan, audit akan meliputi aspek kondisi jalan dan lalu lintas, kondisi pengemudi dan kondisi berkendara, kemudian armada yang mencakup perawatan dan pemeliharaan. Tak hanya itu, manajemen juga akan melakukan pembenahan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Di sisi lain, manajemen TransJakarta juga mengambil langkah preventif dengan memberhentikan operasi kepada dua operator yang mengalami kecelakaan. Totalnya ada 229 unit, di mana 119 unit armada dari Steady Safe dan 110 unit dari Mayasari Bhakti.

Selama pemberhentian operasi, dua operator tersebut wajib memeriksa secara menyeluruh terhadap armada, meliputi rem, sistem kemudi, mesin dan sistem transmisi. Selain itu, pengecekan kesehatan fisik dan mental seluruh pramudi juga akan dilakukan. Itu dilanjutkan dengan perbaikan prosedur standar dalam berkendara.

Dengan penghentian sementara itu, pihaknya memastikan tidak mengganggu operasional karena akan merelokasi beberapa kendaraan.

"Kami memiliki cukup armada untuk melayani rute-rute, di mana operasi dua operator tadi agar tidak downgrade. Kami bisa melakukan relokasi beberapa kendaraan. Dalam hal ini kendaraan kendaraan bus yang ada sudah kami hitung, cukup," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...