Swedia Jajaki Potensi Besar Investasi Sektor Transportasi di Indonesia

Image title
Oleh Maesaroh
2 Desember 2021, 19:22
Swedia, transportasi, kendaraan listrik
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Jajaran pimpinan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) meluncurkan uji coba bus listrik produksi perusahaan otomotif China, Higer di Jakarta, Jumat (10/9/2021).Transjakarta berupaya memenuhi target pengoperasian 5.000 bus elektrik pada 2025 di Ibukota.

Perusahaan Swedia terus menjajaki peluang investasi di sektor transportasi di Indonesia. Pasar yang besar serta semakin terbukanya investasi di energi hijau, termasuk kendaraan listrik, menjadi faktor pendorongnya.

Duta Besar Swedia untuk Indonesia Marina Berg mengatakan transportasi merupakan sektor yang paling menarik bagi investor Swedia. 

"Dengan pasar yang besar tentu saja Indonesia menjadi pasar menarik buat Swedia. Dari semuanya, sektor transportasi menjadi yang paling menarik," tutur Berg, saat berbincang dengan wartawan, Kamis (2/12).

Beberapa perusahaan Swedia sudah menanamkan investasinya di Indonesia di bidang transportasi, termasuk Scania dan Volvo. Dua perusahaan tersebut sudah mengirim bus mereka yang digunakan untuk Transjakarta.

Penjajakan investasi di bidang transportasi akan ditingkatkan ke level lebih jauh, yakni bus listrik  Transjakarta.

"Swedia akan melakukan feasibility study untuk bisa memberikan solusi terbaik dalam kerja sama elektrifikasi busTransjakarta. Kerja sama ini sangat penting, terutama dalam hal transisi elektrifikasinya,"tambah Berg.

Seperti diketahui, pekan lalu, pada  acara Sweden-Indonesia Sustainability Partnership (SISP), Swedia dan Indonesia akan menjajaki kemitraan di lima area.

Di antaranya adalah pembangunan berkelanjutan dan penciptaan lapangan kerja, transportasi cerdas, energi terbarukan, ekonomi biru, dan industri 4.0. 

Kedua negara sepakat untuk menemukan solusi berkelanjutan dan mencapai Agenda 2030 untuk tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB). 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...