Realisasi Investasi 19 KEK Capai Rp 54,6 Triliun, Terbesar di Bintan

Cahya Puteri Abdi Rabbi
6 Desember 2021, 14:21
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), investasi
Kek.go.id
Pemerintah berkomitmen untuk terus mendorong Kawasan Industri Galang Batang di Bintan

Pemerintah terus mempercepat pengembangan 19 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk mencapai persebaran industri serta pertumbuhan ekonomi. Nilai investasi di 19 KEK hingga kini tercatat  Rp54,6 triliun, atau 59% dari komitmen.

Sebagai informasi, ke-19 KEK yang tersebar di seluruh Indonesia, terdiri dari 11 KEK industri dan delapan KEK pariwisata. Total komitmen investasi yang sudah disampaikan investor adalah Rp 92,9 triliun.

Dari realisasi sebesar Rp 54,6 triliun, Investasi terbesar ada di KEK Galang Batang. KEK yang berada di Pulau Bintan Provinsi Kepulauan Riau tersebut menerima investasi sebesar Rp 12,8 triliun.

Tempat kedua diduduki oleh KEK Sei Mangkei  di Sumatera Utara sebesar Rp 5,2 triliun, dan KEK Kendal di Jawa Tengah  sebesar Rp 2 triliun.

Salah satu perusahaan yang memiliki pabrik di Galang  Batang adalah PT Bintan Alumina Indonesia (BAI), yang membangun Refinery Alumina berkapasitas 1 juta ton per tahun.

 Nilai komitmen tersebut semakin bertambah dengan hadirnya investasi PT. Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Industri JIIPE Gresik yang telah melaksanakan ground breaking pada 11 Oktober 2021 lalu.

Dengan nilai investasi pembangunan smelter mencapai Rp 42 triliun, PTFI melakukan pembangunan fasilitas pemurnian tembaga baru dengan desain kapasitas single line terbesar di dunia.

Nantinya, smelter tersebut diharapkan mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahunnya dan akan menyerap sebanyak 40 ribu tenaga kerja.

Namun demikian, smelter tersebut memerlukan pasokan gas yang stabil dan harga yang kompetitif yang telah disediakan oleh JIIPE sebagai pengelola kawasan industri.

Bahkan, produk samping berupa asam sulfat, terak tembaga, dan gypsum, akan dipakai ulang sebagai bahan baku atau bahan penolong bagi industri pupuk di kawasan industri JIIPE Gresik tersebut.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...