Polda Metro Jaya Amankan Pelaksanaan Misa Natal di 1.670 Gereja

Sebanyak 8.000 personel gabungan TNI-Polri dan Pemprov DKI Jakarta telah disiapkan dan disebar untuk mengamankan misa Natal.
Image title
Oleh Antara
24 Desember 2021, 21:39
Natal, gereja, Libur Natal, Jakarta
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Polisi menggunakan anjing pelacak melakukan penyisiran di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (24/12/2021). Penyisiran dilakukan dalam rangka sterilisasi kawasan ibadah untuk menjamin keamanan dan kenyamanan umat Kristiani dalam menjalankan ibadah pada malam Natal.

Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta  akan mengawal pelaksanaan Misa Natal yang akan berlangsung di 1.670 gereja di Jakarta, Depok, Bekasi dan Tangerang, selama perayaan Natal.

"Gereja yang diamankan 1.670 saat Natal oleh Polda Metro," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (24/12), seperti dikutip dari Antara.

Untuk pengamanan Misa tersebut sebanyak 8.000 personel gabungan TNI-Polri dan Pemprov DKI Jakarta telah disiapkan dan disebar.

 Adapun data jumlah gereja yang mendapat pengawalan antara lain 170 gereja di Jakarta Pusat, 250 gereja di Jakarta Utara, 126 gereja di Jakarta Selatan, dan 149 gereja di Jakarta Timur.

Advertisement

Selanjutnya 119 gereja di Kota Tangerang, 131 gereja di Tangerang Selatan, 143 gereja di Depok, 367 gereja di Kota Bekasi, dan 82 gereja di Kabupaten Bekasi.

Khidmat Misa Malam Natal di Gereja Katedral
Khidmat Misa Malam Natal di Gereja Katedral (Muhammad Zaenuddin|Katadata)



Zulpan mengatakan personel tersebut telah berjaga sejak berdasarkan pemantauan sementara situasi

"Personel kita kan diterjunkan langsung sejak kemarin, sampai saat ini dari laporan yang saya terima itu tak ada kejadian menonjol kami harap aman-aman saja," tuturnya.

 Kapolri Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung pelaksanaan Kebaktian Malam Natal di Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Paulus, Menteng, Jakarta, Jumat.

Dalam peninjauan itu, Listyo Sigit Prabowo didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Sebelumnya  mereka juga mengunjungi Gereja Katolik Katedral.

Terkait pelaksanaan Kebaktian Malam Natal, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 GPIB Paulus, Menteng, Jakarta, Xena Samallo menyampaikan pihak gereja membatasi jumlah jemaat sebanyak 300 orang. Para jemaat yang hadir diwajibkan melalukan pendaftaran terlebih dahulu.

"Kapasitas untuk 300 orang dan itu sudah full," kata Xena Samallo. Para jemaat yang hadir diwajibkan melalukan pendaftaran terlebih dahulu.

Editor: Maesaroh
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait