Ratifikasi Perjanjian Dagang RI-14 Negara RCEP Akan Sah pada Kuartal I

Cahya Puteri Abdi Rabbi
31 Desember 2021, 13:38
perdagangan, rcep, ekspor,
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa
Sejumlah truk pengangkut peti kemas antre di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (16/12/2021).

Pemerintah Indonesia akan mengesahkan ratifikasi perjanjian dagang Regional Comprehensive Economic Partnership atau RCEP pada Kuartal I 2022.

Perjanjian RCEP sendiri akan berlaku pada 1 Januari 2022 mendatang. Perjanjian ini mengatur perdagangan barang dan jasa, kekayaan intelektual, e-commerce, dan persaingan dagang.

"Komisi VI DPR RI telah menyepakati keputusan di tingkat komisi, dan diharapkan di Kuartal I sudah bisa dibawa ke rapat paripurna DPR. Sehingga di kuartal pertama 2022 RCEP ini sudah diratifikasi di Indonesia," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual, Jumat (31/12).

 Airlangga menyebutkan RCEP merupakan kesepakatan dagang terbesar di dunia yang meliputi 30% dari PDB dunia, 27% dari perdagangan dunia, 29% dari foreign direct investment, dan 29% dari jumlah penduduk dunia.

Sebagai informasi, RCEP diinisiasi oleh Indonesia pada November 2011 dan telah resmi ditandatangani oleh 10 negara ASEAN ditambah dengan Australia, Selandia Baru, Cina, Korea Selatan, dan Jepang pada 15 November 2020 setelah melalui perundingan selama 7 tahun.

Adapun, negara-negara yang telah meratifikasi perjanjian ini yakni, Brunei Darussalam, Laos, Kamboja, Thailand, Singapura, Vietnam, Cina, Jepang, Australia, Selandia Baru dan Korea Selatan.

Dia menyebut, perjanjian ini berkualitas tinggi karena memfasilitasi kegiatan ekonomi dan pembangunan, serta ekspansi rantai pasok regional antara negara RCEP.

Kemudian, juga saling menguntungkan karena mempertimbangkan tingkat pembangunan di antara negara RCEP.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...