Terjunkan Dua Pesawat, RI Kirim Bantuan Makanan-Nutrisi ke Afganistan

Image title
Oleh Maesaroh
9 Januari 2022, 08:55
Afganistan, bantuan, makanan
kementerian luar negeri
Bantuan makanan dan nutrisi yang dikirim Indonesia ke Afganistan, Minggu (9/1)

Indonesia mengirimkan bantuan makanan dan nutrisi untuk jutaan rakyat Afganistan yang terancam kelaparan. Bantuan langsung dikirim dengan dua pesawat.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bantuan  tersebut merupakan tambahan dari bantuan kemanusiaan dan bantuan kerjasama pembangunan yang telah dijanjikan pemerintah kepada Afganistan.

"Bantuan kemanusiaan ini berisi kebutuhan makanan dan nutrisi yang diperlukan oleh rakyat Afghanistan saat ini," tutur Retno, saat melepas bantuan kemanusiaan di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu dini hari (9/1).

 Indonesia akan terus melakukan koordinasi dengan Badan-badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berada di lapangan, khususnya World Food Program untuk penanganan program bantuan.

Mantan Duta Besar RI untuk Belanda tersebut mengatakan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Afganistan diberikan sebagai respon terhadap situasi kemanusiaan yang semakin memburuk di negara tersebut.

Sekitar 23 juta penduduk Afganistan terancam kelaparan, jumlah ini melebihi setengah penduduk. Sementara itu, lebih dari tiga juta anak-anak Afghanistan juga terancam malnutrisi.

"Tanpa dukungan masyarakat internasional, situasi kemanusiaan di Afganistan akan semakin berat dan diperkirakan akan dapat berdampak pada stabilitas Afganistan secara keseluruhan," tuturnya.

 Retno menambahkan Indonesia juga telah mempersiapkan bantuan dalam jangka panjang untuk rakyat Afganistan. Bantuan tersebut berupa pendidikan dan pemberian kapasitas terutama untuk kaum perempuan Afganistan.

Mantan Dubes RI untuk Noewegia tersebut menambahkan pembahasan lebih dalam mengenai kerja sama pendidikan dan pemberdayaan perempuan di Afhanistan akan dibahas bersama Qatar dan wakil dari Afganistan.

"Indonesia ingin melihat rakyat Afganistan, termasuk kaum perempuan Afganistan dapat hidup damai, stabil dan sejahtera," tuturnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...