Indonesia Akan Bawa Isu Krisis Logistik dan Energi di Pertemuan G20

Image title
Oleh Maesaroh
13 Januari 2022, 08:50
G20, KTT G20, G20 SUmmit Bali, Negara G20
Katadata/Maesaroh
Jakarta akan menjadi salah satu kota penyelenggaraan G20 tahun 2021 dan 2022. Jakarta dan 14 kota lainnya dijadwalkan akan menjadi kota penyelenggara event G20 tahun 2022.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan kolaborasi antarnegara menjadi kunci dalam menghadapi tantangan perdagangan di masa depan, termasuk persoalan krisis logistik dan energi.

Karena itulah, Lutfi mengatakan Indonesia akan membawa sejumlah persoalan dan tantangan perdagangan tersebut untuk dibahas dan dicarikan penyelesaiannya secara bersama-sama pada pertemuan G20 tahun ini.

Mantan Duta Besar RI untuk Jepang tersebut mengatakan berbagai tantangan yang akan dihadapi dunia adalah perubahan nilai logistik, krisis energi, dan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Lutfi mengatakan bila penyumbatan logistik di berbagai pelabuhan di dunia tidak diselesaikan maka perdagangan akan sulit untuk menopang pertumbuhan ekonomi dunia tahun ini.

Sebagai catatan, kelangkaan kontainer dan kebijakan lockdown di sejumlah negara pada tahun lalu telah menimbulkan krisis logistik di dunia perdagangan.

Kelangkaan kontainer melambungkan harga barang ekspor sekaligus membuat lalu lintas perdagangan terhambat.

 Sementara untuk krisis energi, dia menjelaskan bila harga energi masih tinggi seperti saat ini maka dikhawatirkan dapat memberikan ancaman dalam ekonomi.

"Ketiga permasalahan ini akan Indonesia bawa ke G20 dan juga sistem perdagangan multilateral," tutur Lutfi dalam keterangan resmi, Rabu (12/1).

Mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat tersebut berharap ketiga permasalahan tersebut bisa diatasi.

"Sehingga perdagangan dapat menjadi mesin pertumbuhan, bukan hanya untuk Indonesia tapi juga untuk seluruh dunia, karena kita tidak dapat melakukannya sendiri,”katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...