KKP Targetkan Investasi Sektor Perikanan Bisa Tumbuh 5% Tahun Ini

Andi M. Arief
20 Januari 2022, 14:09
investasi, perikanan, kelautan
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/foc.
Pekerja mengumpulkan ikan-ikan yang telah dikeringkan di Pantai Mamboro, Teluk Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (16/10). Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebutkan, potensi perikanan tangkap nasional cukup besar dan menjadi terbesar di dunia dengan produksi mencapai 10,2 juta ton per tahun terdiri dari 9,3 juta ton perikanan tangkap laut dan 0,9 juta ton darat dan terus bertumbuh rat-rata 3,61 persen per tahun. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/foc.

 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan investasi di bidang kelautan dan perikanan pada 2022 tumbuh hingga 5% pada tahun ini atau menjadi Rp 6,32 triliun.

Investasi ke industri kelautan dan perikanan diperkirakan mencapai Rp 6,02 triliun pada tahun 2021.

Hingga kuartal III-2021, total investasi ke industri perikanan dan kelautan telah mencapai Rp 4,11 triliun. Pemerintah menilai bisnis budidaya perikanan masih akan menjadi sektor yang menarik pada tahun ini. 

"(Pertumbuhan investasi) 4% - 5% akan kami dorong dari usaha penangkapan atau budidaya. Sebetulnya selama ini sudah ada ketentuan pemerintah yang bisa menarik investasi, salah satunya memberikan keringanan pajak bagi investasi baru," kata Direktur Usaha dan Investasi KKP Catur Sarwanto dalam Webinar Peluang Investasi Usaha Kelautan dan Perikanan 2022, Kamis (20/1). 

Keringanan pajak yang dimaksud Catur adalah insentif tax allowance dari Kementerian Keuangan.

Di industri kelautan dan perikanan, stimulus itu akan diberikan bagi investasi baru di bidang budidaya, penangkapan, dan pengolahan. 

KKP mencatat prognosa investasi sebesar Rp 6,02 triliun pada tahun 2021 di bidang kelautan dan perikanan mayoritas atau sebanyak 30%  ditanam pada bidang budidaya.

Kemudian diikuti oleh investasi di bidang pengolahan sebanyak 27% lalu penangkapan  (perikanan tangkap) serta perdagangan.

Sementara itu, untuk pertumbuhan investasi 5% pada tahun 2022 diharapkan bisa dicapai dengan sejumlah terobosan. 

Program terobosan meliputi bidang perikanan tangkap dengan diterapkannya kebijakan penangkapan terukur di 11 Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI), serta pengembangan perikanan budidaya untuk komoditas berorientasi ekspor, khususnya udang.

 Mengenai kebijakan penangkapan terukur, rencananya mulai diimplementasikan pada Maret 2022 dengan wilayah perdana WPPNRI 718 Laut Arafura.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...