Ibu Kota Baru Bakal Punya Tol Bawah Air

Image title
Oleh Antara
24 Januari 2022, 15:35
ibu kota, ibu kota baru, IKN
Sekretariat Presiden/Youtube
Ilustrasi ibu kota baru

 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  (Kementerian PUPR) berencana untuk membangun tol bawah air di Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan rencana tersebut sudah juga disampaikan Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian

Advertisement

"Bapak Hedy menginginkan bahwa teknologi yang kita pakai itu adalah teknologi yang terbaik, termasuk salah satunya adalah pemanfaatan terowongan penyeberangan bawah air atau submersible crossing," tutur Danang Parikesit, seperti dikutip dari Antara.

Danang mengatakan bahwa kalau dikaitkan dengan koneksi maka terowongan bawah air itu akan dikoneksikan dengan jalan tol Balikpapan-Samarinda.

"Nanti akan ada satu tempat di mana akan tersambung ke IKN dan di situlah nanti pada saat akan menyeberang sungai, maka akan menggunakan terowongan penyeberangan bawah air," katanya.

Terkait lokasi untuk terowongan penyeberangan bawah air yang akan tersambung dengan jalan tol tersebut, Kementerian PUPR sedang menyiapkan perencanaan teknis terincinya atau Detail Engineering Design (DED).

Dalam kesempatan sama, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan bahwa rencana pembangunan tol bawah air tersebut bertujuan untuk melindungi kawasan area lindung di sekitar IKN.

Halaman:
Reporter: Antara
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement