KSP Sebut Kriteria Calon Kepala Badan Otorita IKN, Apa Saja?

Rizky Alika
19 Januari 2022, 20:08
IKN, jokowi, ibu kota
Sekretariat Presiden/Youtube
Ilustrasi Ibu Kota Negara (IKN) baru dalam bayangan Jokowi

Ibu kota baru di Kalimantan Timur akan dipimpin oleh Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN). Kantor Staf Presiden menjelaskan pemilihan kepala ibu kota baru itu akan mempertimbangkan sejumlah hal, salah satunya suara masyarakat.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong mengatakan, pemilihan Kepala Badan Otorita IKN merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo. Presiden juga akan mempertimbangkan masukan termasuk dari masyarakat.

Menurutnya, pemimpin yang paling ideal ialah sosok yang memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang membangun sebuah kota dengan segala kompleksitasnya. Namun, hal ini akan kembali kepada keputusan Kepala Negara.

"Pertimbangan presiden bisa dari mana saja termasuk dari apa yang berkembang di ruang publik. Jadi itu kita kembalikan kepada Presiden," kata Wandy dalam keterangan video yang diterima Katadata.co.id, Rabu (19/1).

Saat ini, pemerintah sedang mempersiapkan kualifikasi bagi Kepala Otorita IKN. Nantinya, posisi kepala ini akan diatur dalam Peraturan Presiden. "Jadi ketika itu dijalankan nanti, kita bisa sama-sama mengamati, mengawasi sehingga memberi masukan sebelum nanti dia ditetapkan dan dipilih siapa yang menjadi pimpinannya," ujar Wandy.

Dalam kesempatan itu, ia juga menepis anggapan Undang-Undang (UU) IKN disusun secara terburu-buru. Padahal, rencana pemindahan IKN sudah disiapkan lebih dari dua tahun.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...