Hutama Karya Pastikan Tol Binjai - Stabat di Sumut Segera Beroperasi

Andi M. Arief
3 Februari 2022, 07:33
Tol, trans sumatera
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/aww.
Sebuah mobil melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ? seksi I Binjai-Pangkalan Brandan ruas Binjai-Stabat di kawasan Stabat, Langkat, Sumatera Utara, Jumat (21/1/2022).

PT Hutama Karya telah menyelesaikan sebagian konstruksi Tol Binjai - Langsa, yakni ruas Binjai - Stabat sepanjang 11,8 kilometer (Km). Tol ini merupakan bagian dari Jaringan Tol Trans Sumatra (JTTS). 

Adapun, Tol Binjai - Stabat akan beroperasi dalam waktu dekat lantaran telah mengantongi Sertifikat  Laik  Operasi  (SLO) pada 28 Januari 2022.

Advertisement

Jalan bebas hambatan ini akan memangkas waktu perjalanan dari Stabat ke Bandara Kualanamu menjadi sekitar  45 menit dari 2 jam. 

"(Pasalnya,) Jalan  Tol  Binjai  –  Stabat  akan  terhubung  langsung  ke  Tol  Medan  –  Binjai  yang  sudah  terlebih dahulu  beroperasi," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam keterangan resmi, Rabu (2/2). 

 Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto mengatakan Tol Binjai - Stabat akan membuka konektivitas baru. Budi berharap ruas ini dapat  mempercepat  angkutan  barang hingga  angkutan  manusia.

Menurutnya, percepatan konstruksi Tol Binjai - Stabat berjalan baik dan minim kendala.

Dalam rencana konstruksi, Tol Binjai - Stabat masuk dalam Tahap I konstruksi JTTS, yakni konstruksi ruas Binjai - Pangkalan Brandan sepanjang 58 Km. 

Dalam catatan Hutama Karya, total investasi yang ditanam dalam konstruksi Tol Binjai - Pangkalan Brandan mencapai Rp 9 triliun.

Pengembalian investasi (IRR) ruas ini adalah negatif 5,54%, tapi pengembalian investasi ke perekonomian setempat (EIRR) ruas ini mencapai 17,5%. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement