Empat Bandara Terbuka untuk Turis Asing, Termasuk Soekarno - Hatta

Kementerian Perhubungan menegaskan Bandara Soekarno-Hatta bisa melayani kunjungan pelaku perjalanan luar negeri tujuan wisata.
Image title
7 Februari 2022, 18:38
bandara, soekarno-hatta
ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Sejumlah calon penumpang pesawat berjalan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (16/1/2022).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan wisatawan mancanegara (wisman) bisa memasuki wilayah Indonesia melalui empat bandara, termasuk Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.

Bandara lain adalah I Gusti Ngurah Rai di Bali dan dua bandara di Kepulauan Riau yaitu Hang Nadim  di Batam dan Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang. 

"Bagi WNI dan WNA pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dengan tujuan wisata, dapat melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai, Hang Nadim, dan Raja Haji Fisabilillah. PPLN juga dapat melalui Bandara Soekarno Hatta," tutur  Fitri Indah, Plt Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas, dan Umum Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara, dalam keterangan resmi, Senin (7/2).

 Sebagai informasi, sebelumnya Ditjen Perhubungan Udara mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 11 Tahun 2022  tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Advertisement

Dalam SE tersebut dituliskan bahwa "Bagi WNI dan WNA pelaku perjalanan luar negeri dengan tujuan wisata, hanya dapat melalui Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Bandar Udara Hang Nadim, Batam, dan Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang".

Namun, Kementerian Perhubungan menegaskan bahwa Ditjen Perhubungan Udara akan melakukan revisi SE Nomor 11 Tahun 2022, dengan tetap mengacu pada SE Satgas Covid-19 Nomor 4 Tahun 2022.

"Pada SE tersebut seharusnya berbudi pembatasan pintu masuk bagi WNI dan WNA pelaku perjalanan luar negeri dengan tujuan wisata, dapat melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai, Hang Nadim dan Raja Haji Fisabilillah," tutur Fitri.

Revisi nantinya menegaskan bahwa PPLN untuk kepentingan wisata juga dapat melalui Bandara Soekarno Hatta.

 Indonesia mulai membuka penerbangan internasional sejak 14 Oktober 2021. Namun, jumlah kunjungan wisman yang melalui pintu masuk udara masih sangat kecil.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisman yang menggunakan moda transportasi udara mencapai 137.242 di tahun 2021, anjlok dibandingkan 1,71 juta pada tahun 2020.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait