Lima Hotel di Bali Jadi Karantina Bubble Turis, Tarif Rp 10-15 Juta

Image title
Oleh Maesaroh
7 Februari 2022, 16:11
Bali, karantina
Kemenparekraf
Beberapa hotel di kawasan Nusa Dua, Bali. Grand Hyatt Nusa Dua merupakan satu dari lima hotel yang menerapkan karantina bubble.

Lima hotel di Bali ditunjuk sebagai pilot project karantina dengan sistem bubble bagi wisatawan mancanengara (wisman). Tarif karantina berkisar 10-15 juta.

Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya mengatakan kelima hotel tersebut adalah Grand Hyatt Nusa Dua (Dua), Westin Resort (Nusa Dua), Griya Santrian (Sanur), Viceroy (Ubud), dan Royal Tulip (Jimbaran). 

Nia menjelaskan karantina sistem bubble memungkinkan wisman untuk bisa beraktivitas tidak hanya di kamar. Mereka bisa melakukan berbagai aktivitas di area bubble yang khusus disiapkan pengelola hotel.

"Mereka merasa tidak seperti dalam karantina karena bisa ngobrol, bisa ke pantai, berenang atau pingpong,"tutur Nia, dalam weekly briefing, Senin (7/2).

Nia menjelaskan jumlah hotel karantina yang akan menerapkan sistem bubble akan terus bertambah. Pasalnya, banyak hotel yang telah mendaftarkan diri dan mempersiapkan diri untuk menawarkan karantina dengan sistem bubble.

"Ada 66 hotel yang siap tapi yang lima ini sudah masuk form application, 61 hotel yang lain bisa  tapi sistem karantina seperti di Jakarta, di dalam kamar,"ujarnya.

Dia menambahkan tidak semua hotel di Bali bisa menjalankan sistem karantina bubble karena diperlukan area, sistem kerja, dan pengawasan khusus.

Selain memiliki area yang cukup untuk dijadikan bubble, hotel juga harus bisa menyediakan kamar atau tempat menginap bagi karyawan yang bekerja. 

Pasalnya, mereka yang bekerja melayani tamu yang tengah menjalani karantina sistem bubble tidak diperkenankan pulang ke rumah.

 Nia mengatakan lima hotel yang menjadi pilot project karantina sistem bubble menawarkan tarif yang bervariasi antara Rp 10 juta-15 juta untuk paket lima hari empat malam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...