Transaksi Bisnis UMKM di Shopee Melesat 8 kali Lipat Saat Promo 11.11
Perusahaan e-commerce Shopee mencatat, Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) yang bergabung di platform-nya mengalami peningkatan transaksi hingga delapan kali lipat selama festival belanja 11.11 Big Sale kemarin.
Sedangkan, UMKM Shopee telah menjual lebih dari 2 miliar produk sepanjang gelaran 11.11.
Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, festival belanja tahunan itu telah membantu UMKM yang bergabung di Shopee dalam menggaet lebih banyak konsumen.
"Ekonomi digital dan e-commerce terus menghadirkan banyak peluang untuk berkembang," katanya dalam siaran pers hari ini (12/11).
Selain bagi penjual lama, festival belanja 11.11 menjadi batu loncatan untuk pertumbuhan dan pemulihan bisnis penjual baru di Shopee.
Tercatat, penjual yang baru pertama kali berpartisipasi di 11.11 mencatatkan peningkatan penjualan hingga 18 kali lipat dibandingkan hari biasa.
Shopee juga mencatatkan tren permintaan yang signifikan dari luar kota-kota besar selama festival belanja 11.11 tahun ini.
Jumlah pembeli di perdesaan dan kota-kota kecil secara regional meningkat hingga lima kali lipat.
UMKM dari kota-kota seperti Sidoarjo, Pekalongan, dan Sleman juga mencatatkan peningkatan penjualan yang signifikan pada gelaran 11.11 Big Sale.
Terdapat sejumlah produk yang menjadi incaran konsumen selama 11.11 tahun ini.
Pada produk kecantikan, semakin banyak ragam produk yang diminati, seperti make up lokal, lipstik dan bedak.
Pada produk busana, kategori pakaian wanita seperti kameja dan kulot mendapat antusiasme tinggi dari konsumen.
Kemudian, untuk produk makanan dan minuman, masyarakat banyak membeli produk makanan tradisional seperti keripik daun jeruk dan bakso goreng.
Shopee juga mencatat peningkatan transaksi sembilan kali lipat pada layanan ShopeePay dibandingkan hari biasa.
Selain itu, pada fitur live streaming Shopee Live, tercatat pengguna menghabiskan 10 juta jam untuk menonton rangkaian acara 11.11.
Sebelumnya, Shopee menggelar festival belanja 11.11 dengan menyediakan beragam promo, seperti uang kembali (cashback) hingga Rp 111 ribu.
Selain itu, gratis ongkir atau ongkos kirim, diskon hingga 90%, dan Flash Sale Rp 11 sejak pertengahan bulan lalu.
Fintech yang berafiliasi yakni ShopeePay, juga memberikan promosi berupa Late Night Deals Rp 11, cashback 100% hingga Paket Voucher ShopeeFood Rp 1.
“Kami secara rutin menghadirkan berbagai kampanye menarik untuk pengalaman transaksi digital yang menguntungkan bagi pengguna, salah satunya dengan ShopeePay 11.11 Big Deals,” kata Head of Campaigns and Growth Marketing ShopeePay Cindy Candiawan dalam siaran pers.
Momen promo 11.11 merupakan perayaan belanja yang bermula dari Cina. Bermula dari perayaan 'Single's Day' , momen tersebut dijadikan hari untuk para lajang berbelanja.
Tradisi itu meluas menjadi perayaan belanja masyarakat umum karena maraknya diskon.
Tidak heran jika kemudian transaksi belanja di Cina pada hari tersebut sangat besar.
Alibaba dan JD.Com mencetak rekor penjualan selama festival belanja 11.11 yakni 889,4 miliar yuan atau sekitar Rp 1.981 triliun.
Salah satu produk yang laris diburu konsumen di Cina yakni iPhone buatan Apple.
Raksasa e-commerce Cina Alibaba meraih nilai transaksi bruto atau GMV 540,3 miliar yuan atau sekitar Rp 1.203 triliun. Sedangkan JD.Com membukukan 349,1 miliar yuan atau setara Rp 778,62 triliun.