Microsoft Luncurkan Fitur Panggilan Ponsel Tanpa Internet

Melalui fitur push to talk, Microsoft memungkinkan pengguna bisa melakukan panggilan tanpa internet seperti menggunakan walkie talkie.
Image title
17 Januari 2022, 09:03
microsoft, internet
pixabay.com
Ilustrasi sistem operasi Windows 10 yang dirilis oleh Microsoft

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) Microsoft meluncurkan fitur baru bernama push to talk di layanan komunikasi bisnis mereka Microsoft Teams. Melalui fitur itu pengguna bisa melakukan panggilan tanpa internet seperti menggunakan walkie talkie.

Microsoft sebenarnya telah memperkenalkan fitur push to talk dua tahun lalu. Awalnya fitur ini dibuat sebagai cara bagi pekerja garis depan penanganan kasus Covid-19 global berkomunikasi dengan mudah di lapangan.

 Fitur memungkinkan pengguna terhubung dengan tim mereka melalui saluran masing-masing.

Pihak luar tidak dapat berinteraksi dengan orang-orang di dalam saluran itu, kecuali dimasukan atau diberi izin.

Advertisement

 Microsoft mengklaim bahwa aplikasi tersebut menggantikan kebutuhan untuk membawa radio dengan ukuran besar.

Teknologi itu juga menawarkan jalur komunikasi yang aman melalui tanpa perlu konektivitas internet seluler maupun WiFi. 

 Dalam mengembangkan fitur tersebut, Microsoft berkerja sama dengan perusahaan perangkat seluler Zebra.

“Dengan kemitraan ini, kami senang dapat memberikan manfaat kepada pekerja garis depan dalam penanganan Covid-19. Kemampuan ini untuk berkomunikasi, berkolaborasi, dan tetap produktif dengan lancar dalam kondisi apa pun,” kata CEO Zebra Technologies Anders Gustafsson dikutip dari Indian Express pada Minggu (16/1).

 Setelah sekian lama mengembangkan fitur tersebut, Microsoft akhirnya kini menyediakan fitur tersebut di Microsoft Teams baik di perangkat Android dan iOS.

Melalui fitur itu, perangkat akan mendapatkan tombol built-in khusus di samping yang meniru walkie talkie radio. Suara akan direkam, dan kemudian dikirim ke penerima.

 Namun, saat ini fitur tersebut belum secara otomatis ter-install. Untuk mengaktifkannya, pengguna harus menambahkannya opsi layanan ke kebijakan pengaturan aplikasi awal.

Setelah diaktifkan, fitur tersebut akan tersedia di aplikasi dalam 48 jam ke depannya.

 Sebelum Microsoft, WhatsApp juga telah meluncurkan fitur multi-device, yang memungkinkan pengguna mengakses layanan perpesanan tanpa internet.

 Itu artinya, akun WhatsApp bisa dioperasikan di laptop atau komputer pribadi tanpa harus terkoneksi dengan ponsel.

Sebelumnya, pengguna masih harus menghubungkan akun di gawai, jika ingin mengakses WhatsApp web di laptop.

 "Sekarang Anda dapat menggunakan pengalaman WhatsApp desktop atau web, bahkan ketika ponsel tidak aktif dan terhubung ke internet," kata Head of WhatsApp Will Cathcart dikutip dari Daily Mail, tahun lalu (16/7/2021).

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Maesaroh
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait