Tigor Siahaan Mengundurkan Diri Sebagai Presdir CIMB Niaga

Tigor Siahaan diangkat sebagai Presiden Direktur CIMB Niaga pada April 2015.
Image title
22 Oktober 2021, 20:12
Tigor Siahaan, CIMB
CIMB Niaga
Tigor Siahaan

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengumumkan Tigor Siahaan telah mengundurkan diri sebagai Presiden Direktur dan CEO bank tersebut.

Siahaan mengajukan pengunduran diri Perseroan pada Kamis, 21 Oktober 2021. CIMB akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB)  sebagai tindak lanjut pengunduran diri Tigor Siahaan.

"Sesuai aturan yang berlaku dan Anggaran Dasar Perseroan, pengesahan permohonan tersebut akan diputuskan dalam RUPSLB yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat," demikian pernyataan resmi CIMB Niaga dalam siaran pers, Jumat (22/10).

CIMB juga mengatakan Komite Nominasi dan Remunerasi beserta Dewan Komisaris telah memulai proses seleksi pengganti Tigor.

"Operasional bisnis perusahaan tetap berjalan seperti biasa dan Tigor M. Siahaan tetap memberikan dukungan optimal selama proses transisi,"kata rilis tersebut.

Dewan Komisaris dan Manajemen CIMB Niaga juga menyampaikan penghargaan tertinggi dan ucapan terima kasih kepada Tigor atas kontribusi dan dedikasinya selama hampir tujuh tahun berkarya dan berprestasi memimpin CIMB Niaga.

Tigor Siahaan diangkat menjadi Presiden Direktur CIMB pada April 2015 menggantikan Arwin Rasyid. Bankir kelahiran Oktober 1971 tersebut sebelumnya sudah berkiprah di Citi  selama lebih dari 20 tahun. 

Di Citi bank, dia pernah ditunjuk sebagai Chief Country Officer dari 2011-2015. Dia merupakan orang pertama yang ditunjuk menempati jabatan tersebut.

Mengawali karir sebagai Management Associate di Citi pada 1995, Tigor pernah menduduki sejumlah pos penting di Citi seperti Country Head untuk institutional Clients Group, Head of Corporate & Investment Banking, dan Country Risk Manager.

Tigor juga pernah menjabat sebagai wakil presiden di Institutional Remedial Management Group pada Citi Head Office di New York pada tahun 2000 – 2003.

Selain karir perbankan, Tigor juga aktif dalam sejumlah organisasi seperti Kamar Dagang dan Industri Indonesia  (Kadin), Perbanas, dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Di bawah kepemipinan Tigor, CIMB menorehkan sejumlah penghargaan termasuk pada ajang Asian Banking and Finance Award 2020.

Bank yang berkantor pusat di Malaysia tersebut memenangi tiga pernghargaan termasuk Corporate and Investment Bank of the Year, Syndicated Loan of the Year Indonesia, dan Project Infrastructure Finance Deal of the Year.

Sebagai pimpinan bank, Tigor juga pernah dianugerahi The Most Inspiring CEO pada ajang iCIO Awards 2018. Pria berkacamata tersebut dinilai mampu memberi perubahan banyak kepada CIMB terutama dalam layanan digital.

Sejumlah inovasi yang dilakukan Tigor di CIMB termasuk dengan mengimplementasikan sistem core banking baru bernama 1Platform (1P).
Pada 2017, CIMB Niaga juga meluncurkan versi Go Mobile yang mempermudah layanan nasabah melalui digital.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait