7 Aplikasi Belajar Online Gratis untuk Siswa dan Guru

Martha Ruth Thertina
17 Maret 2020, 15:11
Belajar Online, Belajar nline Gratis, Aplikasi Belajar Online Gratis, Corona, Virus Corona, Sekolah Tutup, Ruangguru, Zenius, Google, Microsoft
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz
Seorang anak menonton video belajar digital dari rumah di Bandung, Jawa Barat, Selasa (17/03/2020). Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa kebijakan untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah perlu dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Presiden Joko Widodo meminta masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah di tengah wabah virus corona. Untuk mendukung aktivitas belajar dari rumah, beberapa startup pendidikan dan perusahaan teknologi berkomitmen untuk memberikan bantuan gratis.

“Mendikbud telah mengkoordinasi ini sehingga hari ini kita mendapatkan bantuan gratis untuk belajar online, dari Ruangguru, Zenius, Google, Microsoft, Quiver, Sekolahmu, dan Kelas Pintar,” Jokowi dalam Konferensi Pers di Istana Negara, Jakarta Senin (17/3).

(Baca: Transaksi 8 Aplikasi untuk Work From Home Melonjak Efek Pandemi Corona)

Ia berharap guru bisa mengarahkan para siswa untuk menggunakan layanan gratis tersebut, sehingga aktivitas belajar dari rumah bisa berjalan efektif dan mobilitas para murid bisa diredam.

Berdasarkan penelusuran katadata.co.id, terdapat beragam layanan gratis yang disediakan startup pendidikan dan perusahaan teknologi, dari mulai sekelompok fitur untuk guru/sekolah membuat “kelas online”, program belajar mandiri, hingga program live-teaching layaknya sekolah harian.

1. Ruangguru

Ruangguru membuka program sekolah online gratis setiap hari dimulai sejak Senin, 16 Maret 2020, dari pukul 08.00-12.00 WIB setiap Senin sampai Jumat. Sekolah online bisa diakses melalui aplikasi Ruangguru.

Sekolah online tersedia untuk semua jenjang kelas dan mata pelajaran inti, dengan kurikulum nasional, dan dipandu oleh guru dari Ruangguru. Program ini bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna aplikasi baik yang sudah berlangganan maupun belum.

“Semua mata pelajaran dari kelas 1 SD sampai 12 SMP yang mencakup IPA IPS, akan dibahas secara langsung secara paralel setiap hatinya layaknya belajar di sekolah degan interaksi,” kata Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru Belvara dalam penjelasan melalui video.  

Program ini bisa diakses oleh murid yang sekolahnya sedang diliburkan maupun tidak. Sesi sekolah online yang sudah selesai bisa diputar ulang. Selain sekolah online, para murid bisa mengerjakan soal di fitur bank soal dan try out secara gratis.

Aplikasi Ruangguru bisa diunduh di Play Store maupun App Store. Adapun Ruangguru bekerja sama dengan Telkomsel memberikan kuota internet gratis 30 Gigabyte (GB) bagi penggunanya untuk mengakses materi belajar selama sebulan.

2. Zenius

Zenius menyediakan layanan belajar mandiri gratis dalam rangka persiapan Ujian Nasional. Pengguna Zenius bisa mengakses puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk SD, SMP, SMA untuk kurikulum KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi. Aplikasi Zenius bisa diunduh di Play Store maupun App Store.

“Selain diakses gratis, mayoritas video pembelajaran dihadirkan dalam format whiteboard yang memerlukan kuota internet paling hemat,” kata CEo Zenius Education Rohan Monga dalam siaran persnya.

3. Google: Google Suite for Education

Halaman:
Reporter: Rizky Alika, Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...