Microsoft Rilis Situs Pelacak Virus Corona Lewat Mesin Pencari Bing

Desy Setyowati
16 Maret 2020, 21:31
Microsoft Rilis Situs Pelacak Virus Corona Lewat Mesin Pencari Bing
123RF.com
Ilustrasi Microsoft

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) Microsoft meluncurkan situs pelacak virus covid-19 lewat mesin pencari, Bing. Platform itu menyediakan statistik kasus virus corona di setiap negara.

Tampilannya akan berupa peta yang menunjukkan jumlah kasus per negara, termasuk yang sembuh dan meninggal dunia. Di AS, pengguna dapat melihat data per negara bagian.

Microsoft mengatakan situs itu menarik data dari berbagai sumber seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit Eropa (ECDC), dan Wikipedia.

Hanya, ketika The Verge memeriksa berita yang relevan dengan virus corona di Inggris melalui situs itu, laporan yang muncul justru terkait perbaikan rumah di Prancis dan Spanyol. Lalu, artikel terkait pandemi corona di Belanda yang teranyar di situs itu sebenarnya sudah tayang dua pekan lalu.

(Baca: Bantah Trump, Google Tidak Kembangkan Situs Pengujian Virus Corona)

Microsoft mengumumkan situs pelacak virus corona itu dua hari setelah Presiden AS Donald Trump menyampaikan bahwa Google bakal meluncurkan platform pengujian covid-19. Walaupun hal itu dibantah Google.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...