Film Susi Susanti, Bangunkan Memori Emas Pertama RI di Olimpiade

Film Susi Susanti bakal tayang pada Agustus 2019 mendatang.
Michael Reily
15 April 2019, 15:45
Aktris Laura Basuki menjadi pemeran utama dalam Film Susi Susanti, yang memangunkan memori emas pertama RI di olimpiade.
Instagram @irwanmussry
Aktris Laura Basuki menjadi pemeran utama dalam Film Susi Susanti.

Time International Films berkolaborasi dengan Damn I Love Indonesia Movies, Oreima Films, East West Synergy, dan Melon Indonesia bakal merilis film Susi Susanti - Love All. Cuplikan (teaser) film tersebut baru dirilis dan langsung menyuguhkan adegan monumental ketika Susi meraih emas pertama Indonesia di Olimpiade.

Dalam adegan tersebut, Laura Basuki yang memerankan Susi berdiri di podium sambil melihat bendera Merah Putih berkibar. "Pertama kali dalam sejarah, bendera Indonesia dirayakan di ajang olimpiade olahraga," tulis Laura dalam keterangan cuplikan film Susi Susanti yang diunggahnya di Instagram @laurabas, Minggu (14/4).

(Baca: Gundala, Film Jagoan Karya Joko Anwar yang Tuai Pujian Sebelum Tayang)

Pada Olimpiade 1992, di Barcelona, Susi menyabet medali emas untuk kategori bulutangkis tunggal putri setelah menumbangkan atlet Korea Selatan Bang Soo-hyun dalam partai final. Medali emas tersebut merupakan yang pertama bagi Indonesia sejak berpartisipasi dalam kompetisi olahraga dunia tersebut pada 1952.

Advertisement

Medali emas kedua diperoleh Alan Budikusuma – yang kemudian menjadi suami Susi – juga pada Olimpiade 1992, untuk kategori bulutangkis tunggal putra. Emas diperoleh setelah mengalahkan pebulutangkis Indonesia lainnya, Ardy B. Wiranata.

(Baca: Impian Industri Kreatif Tanah Air Menapaki Jejak Korea)

Hingga kini, Susi masih berkontribusi dalam dunia olahraga Tanah Air meskipun sudah pensiun sebagai atlet. Susi menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI). Dalam Asian Games 2018, dia tercatat sebagai manajer tim nasional bulutangkis Indonesia.

Film Susi Susanti yang digarap sutradara Sim F. bakal menyuguhkan cerita tentang keluarga, kecintaan terhadap bulutangkis, serta pandangan Susi terhadap anak muda. Sim merupakan sutradara yang sudah lama malang melintang dalam produksi iklan televisi dan video musik.

Sim mengungkapkan film Susi Susanti bakal tayang pada Agustus 2019 mendatang. "Yuk, sama-sama merayakan perjuangan Susi Susanti lewat film tahun ini," ujarnya melalui akun Instagram @sim_f.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait