Pemerintah Hidupkan Kembali Batam Jadi Tujuan Utama Investasi

Muchamad Nafi
15 Juli 2016, 18:20
Pembangunan di Delta Silicon 8 dan Fajar Industrial Estat
Arief Kamaludin|KATADATA

Sudah empat dekade lebih Batam menjadai kawasan industri terpadu. Daerah tersebut terus berkembang dan menjadi incaran para investor terutama setelah pembangunannya dikelola Otorita Pengembangan Industri Pulau Batam hingga menjadi zona perdagangan bebas.

Namun, belakangan pamornya redup seiring tumpang tindih kebijakan antara Badan Pengelolaan (BP) Batam dan Pemerintah Kota Batam. April lalu pemerintah membentuk Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Perdagangan Bebas Batam untuk mengatasainya.

Langkah ini diharapkan memutus dualisme kewenangan tersebut. Sebab, suasana tak harmonis menyulitkan investor berusaha di sana. Bahkan, sekitar 30 persen investor di Batam sempat mengancam akan hengkang. (Baca: 30 Persen Industri di Batam Ancam Hengkang ke Luar Negeri).

Dengan ini pemerintah akan menghidupkan lagi Batam menjadi kawasan tujuan investasi utama. Mulai kemarin, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani berkunjung ke Batam untuk melihat kesiapan tersebut.

Franky menyatakan Batam merupakan kawasan ekonomi pertama yang dimiliki Indonesia yang menjadi tujuan investasi investor asing maupun domestik. “Dari pertemuan dengan BP Batam, ada kesamaan persepsi perlunya sinergi untuk mengembalikan Batam sebagai tujuan investasi utama,” kata Franky dalam keterangan resminya, Jum’at, 15 Juli 2016.

Menurutnya, pamor Batam sebagai daerah tujuan investasi dalam beberapa tahun terakhir berada di bawah daerah lainnya. Padahal, dari sisi kesiapan maupun fasilitas infrastruktur, Batam tergolong prima. (Baca: Bali, Batam, dan Bintan Berpotensi Jadi Pulau Tax Havens).

Dalam tinjaun tersebut, Franky mengunjungi beberapa perusahaan, di antaranya studio film dan rumah produksi Infinite. Infinite merupakan studio film terbesar di Asia Tenggara dengan luas 7,6 hektare, dan saat ini sedang diperluas 3,2 hektare.

Studio milik perusahaan Indonesia ini telah digunakan untuk berbagai film seperti “Hitman”, “Blackhat”, dan “Jocker Game”. Infinite telah meraih enam penghargaan yang popular di Amerika Serikat yakni Emmy Awards.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...