Wisata Bandung Terbaik yang Cocok untuk Keluarga

Bandung menjadi salah satu kota yang tidak pernah sepi dari pelancong. Wisata Bandung sangat banyak, mulai dari wisata alam, kuliner, sampai budaya semua lengkap tersedia.
Image title
26 Mei 2021, 15:25
Wisata Bandung Terbaik Cocok Untuk Keluarga
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/pras.
Potret danau buatan floating market, salah satu tempat wisata Bandung terbaik.

Wisata Bandung sudah menjadi primadona banyak orang sejak dahulu. Bandung merupakan salah satu kota yang cukup menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan dalam atau luar negeri. 

Berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, jumlah wisatawan yang mengunjungi kota kembang pada 2020 sebanyak 3,2 juta, naik dari tahun sebelumnya sebanyak 7,4 juta. Angka tersebut terbilang tinggi mengingat kondisi pandemi yang membatasi untuk berwisata.

Namun Bandung masih memiliki daya tarik untuk menjadi tempat wisata di tengah pandemi corona.

Pilihan Wisata Bandung Terbaik

Tempat wisata di Kota Bandung sangatlah banyak. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, sampai wisata budaya semua lengkap tersedia. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata Bandung terbaik yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Advertisement

1. Wisata Dusun Bambu Lembang

Tempat wisata pertama di Kota Bandung yang dapat Anda kunjungi bersama dengan keluarga yaitu Dusun Bambu. Tempat wisata ini berada di Lembang. Dusun Bambu menawarkan berbagai daya tarik, mulai dari wisata alam, wisata kuliner, dan berbagai wahana permainan.

Wisata yang satu ini juga dilengkapi dengan berbagai spot foto yang instagramable. Tarif masuk ke sasna cukup terjangkau yakni hanya Rp 15.000 dan Anda berserta keluarga sudah dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola tempat wisata Dusun Bambu ini.

2. Wisata Alam Ranca Upas

Tempat wisata Bandung terbaik lainnya yang dapat anda kunjungi bersama keluarga adalah wisata alam di Ranca Upas. Dengan berwisata di sana dapat menghilangkan penak dari aktivitas sehari-hari. Jika Anda jenuh dengan situasi di kota, berwisata alam dapat menjadi solusinya.

Wisata alam Ranca Upas ini dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga. Di sana banyak rusa yang berkeliaran. Tidak hanya itu Anda juga dapat menikmati udara yang sejuk dengan pemandangan hijau yang asri dan nyaman untuk di pandang.

3. Wisata Saung Angklung Udjo

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa Bandung memiliki berbagai pilihan tempat wisata. Salah satu pilihan tempat wisata budaya yang dapat dikunjungi bersama keluarga adalah wisata di Saung Angklung Udjo. Di tempat ini, Anda dan keluarga dapat menyaksikan pertunjukan angklung yang indah.

Wisata Bandung yang satu ini juga dapat menjadi tempat belajar bagi anak-anak. Posisinya di Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung. Lokasi yang cukup strategis membuat tempat wisata ini selalu ramai pengunjung terutama saat musim liburan tiba.

4. Trans Studio Bandung

Pilihan destinasi wisata berikutnya yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga adalah Trans Studio Bandung. Tempat yang satu ini menyediakan kurang lebih 20 wahana bermain yang berada di dalam ruangan atau indoor, sehingga sangat cocok untuk Anda dan keluarga yang kurang menyukai aktivitas di luar ruangan.

Trans Studio Bandung menyediakan restoran serta Trans Studio Mall yang dapat Anda kunjungi seusai mencicipi wahana di Theme Park tersebut. Lokasi wisata ini cukup strategis yakni di Jl. Jendral Gatot Subroto no 289 A, Cibangkong, Kota Bandung. Jika beruntung, biasanya di tempat ini juga terdapat panggung hiburan yang akan membuat suasana semakin menyenangkan.

5. Wisata Kuliner Floating Market

Tempat wisata Bandung terbaik selanjutnya yakni wisata kuliner di Floating Market. Di tempat ini, Anda dan keluarga dapat mencicipi berbagai jenis kuliner. Tidak hanya makanannya yang enak, tempat ini juga menyediakan pemandangan waduk buatan yang sangat indah dan menyegarkan mata.

Jika sudah puas mencicipi kuliner yang ada di Floating Market, Anda dan keluarga juga dapat mencoba tempat rekreasi lain seperti taman kelinci, mini carnival, kota mini, dan berbagai tempat reksreasi seru lainnya.

6. Farm House Lembang

Pilihan wisata Bandung selanjutnya yakni Farm House Lembang . Jika datang ke tempat wisata ini, anda dapat berinteraksi langsung dengan berbagai hewan ternak yang ada di Lembang Farm House ini. Suasana sejuk dan asri membuat banyak wisatawan betah berlama-lama menghabiskan waktu di tempat ini.

7. Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey

Wisata alam yang satu ini sebenarnya berasal dari peninggalan masa lalu. Kawah Putih Ciwidey merupakan kawah bekas penampangan belerang pada masa kolonial Jepang. Keunikan dari kawah yang satu ini adalah airnya berwanya putih seperti kapur. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan belerang yang relatif tinggi.

Ketika datang ke tempat wisata Bandung yang satu ini, Anda juga akan menemukan goa Jepang yang diduga dahulu digunakan sebagai opersional penambangan. Goa ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pemandangan indah dari tempat wisata Kawah Putih Ciwidey cocok untuk tempat hunting foto yang instagramable.

8. Wisata Kebun Strawbery di Ciwidey

Masih di kawasan Ciwidey, rekomendasi tempat wisata selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah wisata kebun strawbery. Tempat wisata yang satu ini menampilkan luasan kebun strawbery yang indah.

Jika datang bersama dengan anak-anak, tempat yang satu ini cocok untuk belajar, karena di tempat ini Anda dan keluarga dapat langsung memetik buah strawbery dari pohonnya. Hasil panen yang didapatkan dapat Anda bawa pulang dan dinikamti bersama keluarga di rumah.

Hal yang tak kalah menyenangkannya adalah karena strawbery yang ditanam di kebun ini memiliki bentuk yang cukup unik. Bentuknya segitiga dengan ujung buah berbentuk oval. Tentu saja hal tersebut dapat menjadi pengetahuan baru bagi Anda dan keluarga.

9. Maribaya Resort dan Spa Bandung

Salah satu tujuan dari berlibur adalah untuk menghilangkan penat. Banyak tempat wisata yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk melupakan segala rasa lelah dari pekerjaan. Wisata Bandung ini dapat dijadikan sebagai tempat untuk menghilangkan penat, yakni Maribaya Resort dan Spa. Di tempat ini, Anda dapat refreshing dan relaxation di waktu yang sama.

Di tempat ini Anda dapat melakukan spa yang akan membuat tubuh menjadi lebih tenang, nyaman, dan juga bugar. Bukan hanya fasilitas spa yang dapat memanjakan tubuh, pemadangan alamnya pun bisa membuat semakin relax dan ingin berlama-lama.

Anda juga dapat mencoba fasilitas menyenangkan lainnya seperti sky bridge atau jembatan gantung yang dibuat dari kayu. Jembatan gantung Maribya Resort dan Spa Bandung ini unik karena berdiri di antara dua tebing. 

Dari jembatan ini, Anda dapat menikmati pemandangan tebing yang asri dan rindang. Tenang saja, walaupun berbahan kayu, namun jembatan ini cukup kuat sehingga Anda tetap aman dan nyaman saat berwisata.

10. Tempat Wisata Jendela Alam Bandung

Tempat wisata bandung lainnya yang dapat anda kunjungi bersama dengan keluarga tercinta adalah wisata Jendela Alam Bandung. Tempat wisata ini sangat cocok untuk wisata edukasi anak-anak. Tak heran jika banyak sekolah yang menjadikan Jendela Alam sebagai tempat study tour.

Seperti namanya, tempat wisata yang satu ini menghantarkan para pengunjung untuk mempelajari alam seperti tentang tumbuhan dan hewan. Juga dapat menjadi cara untuk mengedukasi anak-anak tentang pentingnya mengkonsumsi sayuran, yang biasanya sulit ketika diajak mengkonsumsinya. Dengan edukasi di tempat liburan yang menyenangkan, mereka mendapatkan pembelajaran dan pengetahuan tentang macam-macam sayuran dan pentingnya sayuran bagi kesehatan tubuh.

11. Balai Kota Bandung

Setiap kota pasti memiliki balai kota, tak terkecuali dengan Kota Bandung. Balai Kota Bandung juga dapat dijadikan sebagai tujuan wisata. Balai Kota ini berada di pusat kota yang menjadi pusat pemerintahan. Di sana ada taman terbuka yang dapat menjadi tempat bersantai bersama keluarga, pasangan, atau teman.

Taman kota yang berada di Balai Kota Bandung ini cukup unik, tidak seperti taman kota lainnya yang biasanya hanya berupa taman bunga. Di Kota Bandung, taman kotanya didesain sangat kekinian dan menarik. Beberapa spot baru di antaranya taman puzzle. Keunikan ini hasil ide dari Wali Kota Bandung pada saat itu, yakni Ridwan Kamil.

Letak Balai Kota Bandung ini sangat strategis dan dapat dijangkau dengan menggunakan mode transportasi publik seperti BRT. Bagi mereka yang bukan warga Bandung maka tetap akan dimudahkan untuk mengakses destinasi wisata ini tanpa bingung harus menggunakan jenis transportasinya. Sebab, Balai Kota Bandung juga dekat dengan stasiun.

12. Wisata Dago Bakery di Punclut

Punclut menjadi salah satu daerah yang terkenal sebagai tempat yang paling banyak menyediakan rumah makan khas Sunda. Tempat kuliner di sini seperti menjadi pelengkap dari pemandangan alam yang sangat indah.

Di Punclut terdapat rumah makan yang dikenal dengan nama Dago Bakery Punclut. Di tempat makan ini, Anda dapat menikmati makanan khas Bandung, makanan khas Nusantara, sampai makanan ala western food.

Keunikan rumah makan ini adalah desain bangunan yang mereka dirikan. Dago Bakery Punclut mengusung tema bangunan bergaya Eropa klasik yang sangat instagramable. Desain interior yang indah didukung pemandangan alam yang memesona membuat siapa saja betah ketika datang ke tempat yang satu ini.

13. Wisata Hutan Pinus Orchid Forest Cikole

Pesona hutan pinus sebagai destinasi wisata ternyata semakin meningkat. Kini hampir setiap daerah memanfaatkan hutan pinus yang dimiliki untuk tempat wisata. Bandung tak mau kalah, kini hadir wisata hutan pinus yang dikenal dengan nama Orchid Forest Cikole yang mulai banyak dikunjungi.

Di tempat ini seringkali terdapat festival musik atau acara hiburan lain yang tentu saja menarik banyak wisatawan domestik atau nasional untuk hadir ke tempat wisata Bandung satu ini. Hutan pinus jauh dari kota, sehingga sangat cocok untuk Anda dan keluarga yang ingin sejenak rehat. Udara di sana masih segar dan tentu saja pemandangan pohon pinus yang rindang menjadikan tempat ini sangat menawan.

14. Tempat Wisata Villa Air Natural Resorts

Ketika berlibur bersama keluarga, sesekali Anda dapat mencoba gaya liburan dengan menginap . Di Bandung, banyak penginapan yang pas sebagai tempat berlibur. Salah satunya yaitu Villa Air Natural Resort.

Vila ini memiliki keunikan suasana seperti di negeri sakura Jepang. Untuk sewa vila ini memang cukup mahal, sekitar Rp. 2.025.000 per malam. Namun mungkin itu sepadan dengan suasana dan fasilitasnya.

Tempat ini berada di daerah Lembang yang terkenal asri. Ketika datang dan menginap di tempat ini, Anda akan disuguhkan pemandangan indah yang memanjakan mata. Banyak spot foto instagramable dengan suasana ala Jepang yang membuat kamu seperti berasa di negeri sakura.

15. Wisata Alam Curug Cimahi

Wisata Bandung berikutnya yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga adalah Curug Cimahi yang juga dikenal dengan air terjun pelangi. Tempat wisata yang berada di Kecamatan Cisarua ini mematok harga tiket masuk Rp 15.000 per orang, cukup terjangkau dibandingkan tempat wisata lainnya.

Di sini, Anda dapat mengabadikan momen dengan berfoto di beberapa spot andalan. Foto dengan latar belakang air terjun yang dikelilingi pepohonan rindang bisa membuat yang melihatnya ingin mengunjungi tempat wisata ini.

16. Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu menjadi destinasi wisata yang sangat terkenal dari Kota Bandung. Karena itu, bagi Anda yang senang berwisata di daerah pegunungan, Gunung Tangkuban Perahu dapat menjadi salah satu tempat dalam list tujuan wisata.

Banyak orang mengenal Gunung Tangkuban Perahu dari cerita rakyat yang sudah sangat terkenal yakni cerita Sangkuriang. Namun diluar dari cerita tersebut, Gunung Tangkuban Perahu memang memiliki pesona tersendiri. Keunikan dari gunung ini yaitu bentuk gunung yang menyerupai perahu terbalik selayaknya cerita rakyat yang banyak beredar.

Pemandangan Gunung Tanguban Perahu unik dan semakin indah dengan kehadiran dua kawah: ratu serta dan domas. Kawah dari Gunung Tangkuban Perahu memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi. Daya tarik lain bagi wisatawan di tempat ini yakni mereka kerap mencoba untuk merebus terlur atau makanan lainnya di kawah tersebut.

17. Wisata Pemandian Air Panas Ciater

Pilihan tempat wisata Bandung yang terakhir adalah Pemandian Air Panas Ciater. Di tempat ini, Anda dan keluarga dapat berendam dengan nyaman di kolam air panas yang telah disediakan. Air panas di tempat pemandian ini berasal langsung dari kawah Gunung Tangkuban Perahu, sehingga selain menghangatkan juga akan sangat menyegarkan ketika berendam di tempat ini.

Tempat wisata Pemandian Air Panas Ciater sangat direkomendasikan, mengingat suasana Bandung yang dingin membuat beriwisata di air panas semakin menyenangkan dan cocok. Rasa air yang hangat dipadukan dengan udara sejuk membuat tubuh Anda rileks, juga segar.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait