10 Rest Area Jalan Tol Jakarta – Cikampek dan Kapasitasnya

Rest area merupakan tempat beristirahat sebentar untuk melepaskan lelah selama perjalanan jarak jauh. Berikut daftar rest area yang ramai dikunjungi di Jalan Tol Jakarta - Cikampek.
Image title
18 Juni 2021, 07:00
10 Rest Area Jalan Tol Jakarta – Cikampek dan Kapasitasnya
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Rest area KM 57 tol Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020).

Jalan tol merupakan fasilitas publik yang esensial untuk mendukung mobilitas masyarakat. Keberadaan dari jalan tol ini penting seiring dengan peningkatan jumlah moda transportasi darat di dalam negeri.

Jalan tol di Indonesia semakin hari semakin bertambah. Data di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menyebutkan bahwa, hingga 13 Oktober 2020, jumlah jalan tol yang sudah beroperasi 2.2303,8 kilo meter. Khusus pada 2020, Kementerian mencatat penambahan panjang jalan tol 210 kilo meter, atau sekitar 64 % dari target yang telah ditentukan.

Pertumbuhan jumlah jalan tol juga berbading lurus dengan pertumbuhan rest area yang merupakan bagian penting dari keberadaan jalan tol. Apa itu rest area dan apa saja fungsinya? Berikut uraian lengkapnya:

Advertisement

Apa itu Rest Area

Rest area adalah tempat beristirahat sebentar untuk melepaskan lelah selama perjalanan jarak jauh. Rest area mudah ditemukan di beberapa tempat, salah satunya jalan tol. Adanya rest area ini membuat pengguna jalan tol bisa sejenak istirahat atau mengisi bahan bakar kendaraan mereka. 

Rest area yang sering ditemui dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu rest area tipe A, tipe B, dan tipe C. perbedaan ketiganya terletak pada fasilitas yang ada di dalamnya.

Rest area tipe A memiliki area lebih luas dan fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan tipe B dan tipe C. Sementara untuk tipe B memiliki area yang lebih sempit dibandingkan dengan tipe A, namun lebih luas dibandingkan dengan tipe C. Untuk tipe C memiliki area dengan luasan paling sempit dibandingkan dengan rest area tipe lainnya.

Fungsi Rest Area

Beberapa fungsi dari rest area yang biasanya dijumpai di jalan tol, sebagai berikut:

  1. Sebagai tempat istirahat.
  2. Tempat untuk melaksanakan ibadah karena terdapat fasilitas masjid atau musala yang nyaman.
  3. Tempat pengisian bahan bakar karena umumnya dilengkapi dengan SPBU.
  4. Destinasi wisata, sebab tak jarang rest area memiliki fasilitas dan tampilan yang menarik untuk dikunjungi.

Daftar Rest Area Jalan Tol Jakarta – Cikampek

Setelah membaca tentang fungsi dari rest area, kita sadar bahwa keberadaan rest area ini menjadi hal yang penting. Salah satu rest area yang ramai dikunjungi ada di rest area jalan tol Jakarta - Cikampek.

Tol Jakarta – Cikampek merupakan tol yang cukup sibuk, terutama menjelang libur panjang seperti saat libur hari raya Idul Fitri. Jalan tol ini menjadi jalan yang ramai dilalui pemudik dari Jakarta yang menuju derah Pulau Jawa lainnya. Untuk itu, rest area menjadi bagian yang sangat penting.

Apabila anda melewati jalan tol ini, tak ada salahnya untuk sejenak mampir di rest area yang telah disediakan. Berikut daftar rest area jalan Jakarta – Cikampek yang terbagi menjadi dua arah:

Rest area Jalan Tol Jakarta – Cikampek arah ke Cikampek

1. Rest area KM 19

Rest area pertama yang ada di jalan tol Jakarta – Cikampek ada di kilometer ke-19. Rest area ini memiliki kapasitas 300 kendaraan.

2. Rest area KM 33

Rest area kedua yang terdapat di jalan tol Cikampek – Jakarta ini memiliki kapasitas 80 kendaraan.

3. Rest area KM 39

Tempat istirahat di kilometer 39 mampu menampung kendaraan dari arah Jakarta menuju Cikampek sebanyak 650 kendaraan.

5. Rest area KM 50

Rest area keempat yang ada di jalan tol Jakarta – Cikampek arah ke Cikampek yakni pada kilometer ke 50 yang mampu menampung 80 kendaraan.

6. Rest area KM 57

Rest area berikutnya yakni rest area di kilometer ke 57 dengan kapasitas yang tersedia untuk 218 kendaraan.

Rest area Jalan Tol Jakarta – Cikampek arah ke Jakarta

Sama halnya dengan rest area arah Cikampel, tol Jakarta – Cikampek arah Jakarta juga memiliki lima rest area yang dapat Anda singgahi. Berikut ini daftar rest area jalan tol Jakarta – Cikampek yang menuju arah Jakarta.

  1. Rest area KM 71

  2. Rest area KM 62

  3. Rest area KM 52

  4. Rest area KM 43

  5. Rest area KM 32

Demikian beberapa daftar rest area yang ada di Jalan Tol Jakarta – Cikampek berserta kapasitas yang dimilikinya. Semoga dapat menjadi tambahan informasi untuk Anda yang hendak melewati jalan tol tersebut dan mampir ke rest area di sana.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait