10 Rest Area Jalan Tol Jakarta – Cikampek dan Kapasitasnya

Siti Nur Aeni
18 Juni 2021, 07:00
10 Rest Area Jalan Tol Jakarta – Cikampek dan Kapasitasnya
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Rest area KM 57 tol Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020).

Jalan tol merupakan fasilitas publik yang esensial untuk mendukung mobilitas masyarakat. Keberadaan dari jalan tol ini penting seiring dengan peningkatan jumlah moda transportasi darat di dalam negeri.

Jalan tol di Indonesia semakin hari semakin bertambah. Data di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menyebutkan bahwa, hingga 13 Oktober 2020, jumlah jalan tol yang sudah beroperasi 2.2303,8 kilo meter. Khusus pada 2020, Kementerian mencatat penambahan panjang jalan tol 210 kilo meter, atau sekitar 64 % dari target yang telah ditentukan.

Pertumbuhan jumlah jalan tol juga berbading lurus dengan pertumbuhan rest area yang merupakan bagian penting dari keberadaan jalan tol. Apa itu rest area dan apa saja fungsinya? Berikut uraian lengkapnya:

Apa itu Rest Area

Rest area adalah tempat beristirahat sebentar untuk melepaskan lelah selama perjalanan jarak jauh. Rest area mudah ditemukan di beberapa tempat, salah satunya jalan tol. Adanya rest area ini membuat pengguna jalan tol bisa sejenak istirahat atau mengisi bahan bakar kendaraan mereka. 

Rest area yang sering ditemui dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu rest area tipe A, tipe B, dan tipe C. perbedaan ketiganya terletak pada fasilitas yang ada di dalamnya.

Rest area tipe A memiliki area lebih luas dan fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan tipe B dan tipe C. Sementara untuk tipe B memiliki area yang lebih sempit dibandingkan dengan tipe A, namun lebih luas dibandingkan dengan tipe C. Untuk tipe C memiliki area dengan luasan paling sempit dibandingkan dengan rest area tipe lainnya.

Fungsi Rest Area

Beberapa fungsi dari rest area yang biasanya dijumpai di jalan tol, sebagai berikut:

  1. Sebagai tempat istirahat.
  2. Tempat untuk melaksanakan ibadah karena terdapat fasilitas masjid atau musala yang nyaman.
  3. Tempat pengisian bahan bakar karena umumnya dilengkapi dengan SPBU.
  4. Destinasi wisata, sebab tak jarang rest area memiliki fasilitas dan tampilan yang menarik untuk dikunjungi.

Daftar Rest Area Jalan Tol Jakarta – Cikampek

Setelah membaca tentang fungsi dari rest area, kita sadar bahwa keberadaan rest area ini menjadi hal yang penting. Salah satu rest area yang ramai dikunjungi ada di rest area jalan tol Jakarta - Cikampek.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...