Jembatan Shortcut Keempat di Bali Segera Rampung, Wisata Makin Lancar

Andi M. Arief
12 Agustus 2022, 20:07
Jembatan Shortcut Keempat di Bali Segera Rampung, Wisata Makin Lancar
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/aww.
Ilustrasi. Pekerja menyelesaikan pembangunan Jembatan Peneradan baru di samping Jembatan Peneradan lama, Jalan Lintas Sumatera, Pemayung, Batanghari, Jambi, Jumat (16/4/2021).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sedang menyelesaikan pembangunan jembatan pintas di atas Sungai Yeh Otan sepanjang 277 meter. Sarana infrastruktur ini menghubungkan Desa Bajera, Kecamatan Selemadeg dengan Desa Antosari, Kecamatan Selemadeg Barat di Kabupaten Tabanan, Bali.

Jembatan tersebut akan mendukung peningkatan kelancaran konektivitas jalur wisata di Pulau Dewata. Beberapa lokasi wisata yang akan terhubung dari Jembatan Shortcut Yeh Otan ini yaitu Pantai Loka, Belimbing Rice Terrace, dan Air Terjun Sing-Sing.

Di samping itu, dengan terbangunnya jembatan ini diharapkan mengurangi daerah titik rawan kecelakaan di Pulau Dewata. “Akses yang semakin baik juga akan menunjang perekonomian masyarakat,” kata Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono dalam keterangan resminya, Jumat (12/8).

Pembangunan Jembatan Shortcut Yeh Otan dimulai sejak tahun lalu. Saat ini perkembangan konstruksinya telah mencapai 83,79 % dengan total anggaran Rp 59 miliar.

Jembatan Denpasar – Gilimanuk, begitu nama lainnya, dibangun melalui program kerja sama operasi atau KSO antara PT Modern Surya Jaya dan PT Pramana Arta Raharja. Konsultan supervisi proyek tersebut PT Tata Guna Patria, PT Eskapindo Matra, dan PT Gaharu Sempana.

Setelah rampung terbangun, infrastruktur ini akan menjadi jembatan shortcut keempat di jalur Denpasar-Gilimanuk, dan menjadi yang  terpanjang di antara ketiganya. Tiga jembatan pintas lainnya itu telah dibangun pada 2014.

Pertama, shortcut di Desa Samsam, Kecamatan Kerambitan, Tabanan dengan panjang 270 meter di atas jalan raya dan Sungai Nusa. Shorcut setinggi 24 meter ini didirikan di sebelah selatan Kantor Perbekel Samsam di Banjar Penyalin hingga tembus ke Banjar Samsam.

Kedua, shortcut di Sungai Yeh Ho yang menghubungkan Desa Meliling dan Banjar Pucuk, Desa Bantas. Jembatan ini memiliki panjang 42 meter dan lebar 9,5 meter, dengan ketinggian 29 meter.

Ketiga, shortcut di Tikungan Kresek, Desa Megati, Kecamatan Selemadeg Timur. Panjang jembatan ini 200 meter dengan ketinggian 24 meter. Jembatan pintas di Tikungan Keresek ini dibangun mulai dari Banjar Bunut Puhun, Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur (batas barat) hingga Pos Polisi Desa Megati (sisi timur).

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...