Proses dan Cara Membuat Tahu Susu yang Gurih

Dwi Latifatul Fajri
18 Oktober 2022, 16:20
Cara Membuat Tahu Susu
pixabay.com/xay
Ilustrasi Tahu Susu

Tahu susu termasuk jenis makanan yang terbuat dari kedelai yang direbus. Makanan ini terbuat dari kedelai, susu yang dikukus, garam, bawang putih, dan kunyit atau bunga marigold untuk pewarna. Berdasarkan daerahnya, tahu susu dikenal dari Lembang, Jawa Barat dan Boyolali Jawa Tengah.

Tahu susu dari Lembang dan Boyolali menggunakan susu sapi murni sebagai bahan campuran tahu. Mengutip buku "Teknologi Pengolahan Susu", tahu susu dari Lembang dikembangkan sejak 2008. Sedangkan tahu susu Boyolali makin berkembang di 2016.

Tahu susu termasuk makanan populer. Saat disantap renyah dan lembut di bagian dalam. Rasanya lebih gurih karena ditambahkan susu ketika proses pembuatan tahu. Sekilas tampilan tahu susu sama seperti tahu biasa, tetapi isinya lebih padat.

Cara membuat tahu susu seperti tahu biasa. Bedannya, ada proses penambahan susu, garam, dan bawang putih.

Manfaat Tahu Susu

Tahu susu mengandung gizi yang baik untuk tubuh. Kandungan dalam tahu yaitu protein, lemak, vitamin A dan C. Tahu juga mengandung protein dan kalsium yang baik untuk anak-anak. Jenis tahu ini bisa dikonsumsi untuk makanan pendamping ASI (MPASI).

Berikut manfaat konsumsi tahu susu:

  • Susu dalam tahu mengandung protein dari asam amino. Kandungan ini baik untuk menurunkan kolesterol dalam darah
  • Dapat menurunkan berat badan dari protein tahu
  • Mencegah penyakit diabetes tipe dua karena kandungan isoflavon dalam tahun
  • Melancarkan pencernaan karena serat dalam tahu
  • Mencegah risiko serangan jantung dan menurunkan kolesterol

Cara Membuat Tahu Susu

Proses pembuatan tahu susu hampir sama dengan tahu biasa. Kedelai dipadatkan melalui teknik pengukusan. Kemudian, tahu dicampur dengan susu sapi.

Berikut proses dan cara membuat tahu susu:

1. Susu Segar

Cara pertama adalah menyaring susu segar terlebih dahulu. Pada dasarnya, tahu susu terbuat dari susu hewani, seperti susu sapi, susu kambing, unta dan sebagainya. Kemudian susu disaring dan siap diolah ke tahu.

2. Kedelai

Cara membuat tahu susu menggunakan kedelai. Mengutip dari blokbojonegoro.com, proses perendaman kedelai membutuhkan waktu selama tiga jam. Setelah itu tahu dicuci dan digiling sampai halus.

Kemudian tahu direbus selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu tahu melalui proses penyaringan selama 15 menit dan dipisahkan dari ampas.

3. Pencampuran bahan

Tahu yang sudah disaring ditambahkan bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan. Tidak lupa menambahkan susu dalam tahu. Tambahan bahan lain yaitu mentega, air, hingga soda.

Untuk membuat warna kuning pada tahu dengan menambahkan pewarna alami seperti kunyit atau bunga marigold. Pemakaian garam dan bawang putih sebagai penambah rasa. Selain itu, garam dan bawang putih dapat menetralkan aroma manis pada susu. Sehingga tahu susu tidak menghasilkan bau amis.

4. Proses Akhir

Setelah bahan tercampur merata, kemudian tahu susu dimasukkan dalam wadah tahu. Proses produksi tahu susu ini membutuhkan waktu sekitar tiga jam selama proses press sari pati. Waktu tiga jam ini supaya tidak ada bekas cuka atau asam ketika dimasak.

Tahu susu bisa dimasukkan dalam plastik berbentuk silinder. Pakai plastik yang berkualitas yang memiliki foodgrade untuk makanan.

Buku "Teknologi Pengolahan Susu" menyebutkan, tahu dikukus dalam api sedang. Tunggu hingga susu memadat dan kenyal. Setelah itu tahu susu dikeluarkan dari wadah dan dipotong sesuai selera.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...