Cara Membuat Akun YouTube dan Monetisasinya agar Menghasilkan Uang

Anggi Mardiana
11 November 2022, 14:20
Cara Membuat Akun YouTube dan Monetisasinya agar Menghasilkan Uang
unsplash.com/CardMapr

Laporan riset Media Partners Asia (MPA) bertajuk Southeast Asia Online Video Consumer Insights & Analytics memperlihatkan durasi konsumsi video streaming online di Asia Tenggara mencapai 1,6 triliun menit pada kuartal kedua 2022. Konsumsi besar ini dikuasi oleh YouTube hingga 54 %.

Kendati demikian, pangsa pasar YouTube ini sudah menurun dibandingkan kuartal kedua 2021 yang ketika itu mencapai 65 %. Dengan besarnya penonton YouTube, tak heran bila banyak pembuat konten yang banjir pendapatan dari platform ini. Maka berondong-bondonglah orang menggelutinya sebagai youtuber.

Sebelum menjadi youtuber, tentu penting untuk mengetahui cara membuat akun YouTube. Sebelum membuat akun YouTube, Anda bisa menentukan jenis konten yang akan dibuat agar lebih spesifik.

Misalnya, membuat konten anak-anak berisi seputar mainan hingga cara membersihkannya jika kotor. Yang terpenting konten tersebut cukup populer, menarik dan banyak dicari.

Jenis-jenis Konten Youtube

Sebelum membahas seputar cara membuat akun YouTube, perlu diketahui ada beberapa jenis konten yang penting Anda ketahui, berikut di antaranya:

1. Vlog

Vlog dikenal juga sebagai video blog yaitu konten yang berisi aktivitas sehari-hari. Konten vlog umumnya banyak dibuat oleh youtuber dan artis. Sebab, banyak penonton yang penasaran dengan kegiatan sehari-hari public figure.

2. Cover Lagu

Jenis konten YouTube kedua yaitu cover lagu populer yang banyak dilakukan oleh para pemilik channel YouTube. Bahkan banyak di antara mereka yang awalnya membuat video cover kemudian merambah memiliki album sendiri di antaranya Audrey, Cantika, dan Gamaliel.

3. Film Pendek

Kini ada wadah baru untuk film pendek di YouTube. Sebelumnya, film pendek biasanya hanya ditampilkan di film acara khusus. Sekarang masyarakat bisa mengakses beragam film pendek secara lebih mudah.

4. Challenge

Jenis konten challenge juga banyak dibuat oleh para youtuber. Mulai challenge keluar dari rumah hingga belanja untuk menghabiskan sejumlah uang. Konten seperti ini biasanya banyak diminati.

5. Mukbang

Mukbang jadi topik hangat bagi para youtuber sambil menyantap beragam makanan enak. Tren mukbang muncul pertama di Korea Selatan di mana para youtuber makan dalam porsi jumlah banyak lalu dilengkapi mic agar suara mengunyah terdengar jelas.

Cara Membuat Akun YouTube

Membuat akun YouTube bisa dilakukan melalui HP dan PC. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...