Ekonomi Sirkular P&G Diapresiasi Katadata Green Initiative Awards

Image title
Oleh Yandi M. Rofiyandi
27 September 2023, 20:32
VP Commercial Katadata Marahandikha berswafoto usai memberikan awarding kepada para penerima Katadata Green Initiative Award Kategori Consumer Goods di Kempinski, Jakarta, Selasa (26/9). Dalam malam penganugerahan Katadata Green Initiative Award PT Unilev
Muhammad Zaenuddin|Katadata
VP Commercial Katadata Marahandikha berswafoto usai memberikan awarding kepada para penerima Katadata Green Initiative Award Kategori Consumer Goods di Kempinski, Jakarta, Selasa (26/9). Dalam malam penganugerahan Katadata Green Initiative Award PT Unilever Indonesia Tbk, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Procter & Gamble (P&G) terpilih menjadi penerima award dalam Kategori Consumer Goods.

P&G meraih “Katadata Green Initiative Awards”. Perusahaan ini mendapatkan penghargaan untuk kategori consumer goods. Penghargaan tersebut merupakan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan berbagai inisiatif untuk meningkatkan dampak positif bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan.

“Kominten untuk terus melakukan inisiatif untuk meningkatkan dampak positif bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan membuat P&G layak menerima award ini,” demikian keterangan Katadata Insight Center (KIC) dalam pemberian penghargaan pada 26 September 2023 di Jakarta. 

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan KIC dalam penghargaan ini di antaranya komitmen dan inovasi perusahaan dalam aksi hijau seperti transisi energi bersih. Demikian juga aksi korporasi dalam merealisasikan langkah produksi yang rendah emisi, pembiayaan berkelanjutan, dan sebagainya.  

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan KIC dalam penghargaan ini di antaranya komitmen dan inovasi perusahaan dalam aksi hijau seperti transisi energi bersih. Demikian juga aksi korporasi dalam merealisasikan langkah produksi yang rendah emisi, pembiayaan berkelanjutan, dan sebagainya. 

Selain sektor consumer goods, ada kategori lain dalam “Katadata Green Initiative Awards”. Kategori tersebut yakni perbankan; energi dan pertambangan; teknologi dan transportasi; serta lembaga pemerintah dan masyarakat sipil.

Conscious Living untuk Bumi yang Hijau

Conscious living merupakan program pengumpulan dan pengelolaan sampah dilakukan P&G yang melibatkan masyarakat luas. Dengan menggunakan aplikasi digital, perusahaan ini melibatkan masyarakat, yang memahami dan terlibat dalam gerakan keberlanjutan lingkungan. 

Dengan menggandeng Octopus, P&G menyuguhkan platform ekonomi sirkular yang menawarkan layanan di mana konsumen dapat memilah sampah dan dilaporkan melalui aplikasi Octopus untuk dijemput oleh pelestari (pengepul sampah). 

Diluncurkan pada 2021 –  program ini semula hanya melibatkan karyawan P&G Indonesia namun kemudian kian meluas dengan menjangkau konsumen. Para konsumen produk-produk P&G yang menyetorkan sampah kemasan sachet atau multilayer dan plastic HDPE dari kemasan akan mendapatkan insentif dalam bentuk poin.

Limbah yang dikumpulkan itu dapat ditukarkan menjadi berbagai insentif menarik dimulai dari pulsa, token listrik, voucher kopi, dan lainnya. “Melihat antusiasme  terhadap program ini kami optimistis dapat mengatasi permasalah lingkungan,” ujar Moehammad Ichsan, Co-founder dan CEO Octopus Indonesia.. 

Pada akhirnya memang bukan hanya bisa mengatasi permasalahan sampah plastik HDPE, yang berupa sachet serta multilayer tetapi sampah jenis ini juga bisa diolah menjadi barang yang memiliki nilai tambah dan manfaat bagi pihak-pihak yang terlibat.  Keberhasilan ini pula mendorong pihak P&G untuk terus melakukan inovasi dan kolaborasi dalam program ini.  

Penanganan limbah, juga air dan iklim, menjadi salah satu bentuk kepedulian P&G Indonesia dalam upaya keberlanjutan lingkungan pada seluruh lini aktivitas bisnisnya. Semuanya dilakukan secara simultan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...