WhatsApp Web: Cara Mudah Komunikasi Virtual di Hp dan Laptop

WhatsApp Web memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi vritual melalui hp dan laptop.
Image title
22 Mei 2021, 06:00
Ilustrasi whatsapp web di hp
Katadata
Ilustrasi whatsapp web di hp

WhatsApp Web saat ini sudah menyandang predikat salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan setiap hari. Fitur aplikasi ini tergolong sangat lengkap mulai dari komunikasi, kontak, voice note, foto, chat, video call, berkirim voice note, dan video hingga dokumen.

Apalagi Whatsapp bisa dinikmati melalui browser yang biasanya dikenal dengan nama WhatsApp Web. Ada beberapa cara menggunakan WhatsApp Web di browser dan aplikasi di laptop dan Hp.

Untuk menggunakan aplikasi chatting di web menggunakan laptop Anda bisa tetap berkomunikasi, terutama jika sedang sibuk bekerja di depan laptop, berikut langkahnya:

1. Masuk ke halaman browser di laptop Anda
2. Buka situs di https://web.whatsapp.com.
3. Pastikan Hp dan laptop sama-sama terhubung dengan koneksi internet yang stabil.
4. Kemudian di layar laptop akan muncul gambar QR Code.
5. Scan melalui ponsel Anda dengan klik tiga titik di bagian kanan atas dan pilih WhatsApp Web.
6. Secara otomatis, Anda akan melihat tampilan WhatsApp di browser laptop.

Advertisement

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Whatsapp Web di Android jika para pembaca ingin membuka dua WhatsApp dalam satu Hp yang sama. Versi WhatsApp Web dirancang untuk digunakan di PC atau laptop sehingga banyak orang hanya mengenali versi ini untuk perangkat komputer saja.

Ternyata Anda bisa menggunakan versi WhatsApp Web di Hp Android, berikut ini penjelasannya:

1. Buka Google Chrome di ponsel Anda.
2. Klik titik tiga di bagian pojok kanan atas.
3. Scroll down ke bawah hingga menemukan “Dekstop Site” atau “Situs Dekstop” lalu centang kotak kecil di samping tulisan tersebut.
4. Chrome di Hp akan berubah menjadi versi dekstop sehingga tampilanya menyerupai jika Anda Log in melalui laptop.
5. Buka situs https://web.whatsapp.com di ponsel Anda.
6. Ambil ponsel yang lain dan buka aplikasi WhatsApp.
7. Scan QR Code di ponsel dan proses selesai.

Meskipun WhatsApp web memudahkan Anda membalas dan mengirim pesan chat via laptop atau ponsel, ternyata hal tersebut bisa menjadi bahaya. Apalagi jika Anda menggunakan WhatsApp di komputer umum yang berpotensi membuat akun chatting online milik Anda dibajak.

Untuk mencegah masalah tersebut, berikut trik yang sangat jitu untuk keluar dari WhatsApp Web di semua perangkat yang terhubung:

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel.
2. Klik tiga titik menu di bagian pojok kanan atas.
3. Lalu pilih “Log Out from all Device”
4. Secara otomatis Anda keluar dari Whatsapp Web dan bisa masuk kembali kapan pun Anda mau.

Tapi ternyata Whatsapp Web juga memiliki kelemahan yang menyebabkan Anda kesulitan untuk login di WhatsApp Web, berikut penjelasannya:

1. WhatsApp Web hanya mampu menerima pesan saat terhubung dengan jaringan internet yang stabil dan lancar. Jika jaringan internet Anda lemah maka proses menerima dan mengirim chat akan berjalan lambat.

2. Sayangnya, Anda tidak bisa melakukan panggilan online menggunakan WhatsApp Web karena hal ini sebagai bentuk keamanan meski banyak pengguna berharap agar layanan ini segera tersedia.

3. Jika Anda selalu menghubungkan WhatsApp di ponsel dengan WhatsApp Web, hal itu akan membuat baterai ponsel cepat habis dan membuat ponsel menjadi sangat panas.

4. WhatsApp Web tidak bisa digunakan jika ponsel milik Anda mati. Sehingga, jika ingin menyingkronkan Hp dengan WhatsApp Web, Hp harus selalu dalam keadaan on.

Reporter: Aisyah Rahmatul Fajrin
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait