Google Translate: Terjemahan Akurat untuk Foto, Suara, dan Percakapan

Image title
25 Mei 2021, 13:20
Google Translate dapat dengan mudah digunakan untuk menerjemahkan Foto, Suara, dan Percakapan
ANTARA FOTO/REUTERS/Arnd Wiegmann/File Photo/AWW/sa.
Google Translate dapat dengan mudah digunakan untuk menerjemahkan Foto, Suara, dan Percakapan

Google Translate hadir untuk membantu dalam menerjemahkan kata atau teks dari satu bahasa ke bahasa lain. Saat ini mungkin penting untuk mengingat bahwa menguasai bahasa lain merupakan kebutuhan dalam semua aspek kehidupan.

Misalnya, memperluas hubungan dengan negara lain, memudahkan menyerap informasi, dan mempelajari bidang lain serta masih banyak lagi. Namun, Google Translate tidak akan tercipta tanpa penguasaan bahasa asing yang memadai. Kemampuan dan penguasaan bahasa asing dapat diperoleh melalui pelatihan atau pembelajaran.

Google Translate merupakan layanan terjemahan mesin multibahasa gratis yang dikembangkan oleh Google untuk menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain. Layanan ini telah diluncurkan pada 28 April 2006 dan menyediakan 103 bahasa.

Aplikasi penerjemah merupakan mesin yang menguntungkan, membuat orang lebih mudah mengekspresikan sesuatu dalam bahasa yang berbeda, atau memperkaya kosa kata bahasa asing. Efek lanjutnya, memungkinkan orang-orang membuat koneksi melalui komunitas Google, dan bisa membantu menjadikan Google Terjemahan lebih baik dengan Komunitas Terjemahan.

Selama periode waktu tertentu, aplikasi tersebut menjadi semakin baik karena kontribusi yang sangat besar dari pengguna Komunitas Google Terjemahan. Pengguna dapat menerjemahkan kata dan frasa ke dalam bahasa lain, memvalidasi berarti memeriksa kualitas banyak terjemahan, dan juga membagikan lencana mereka ke alamat Google+, Facebook, Twitter, dan Email mereka.

Meski demikian, aplikasi tersebut bukan satu-satunya alat penerjemah yang bisa digunakan. Jika bicara tentang akurasi, ketepatan grammar dan improvisasi dari waktu ke waktu, aplikasi ini bisa dinilai memiliki segalanya. Google dianggap berhasil membuat Google Translate makin laris dipakai.

Bagi Anda yang baru mencoba, layanan ini sudah tersedia di platform mobile sehingga lebih friendly dan lengkap daripada versi browser-nya. Berikut ini panduan lengkap tentang penggunaan Google Translate dari cara menerjemahkan foto tulisan, menerjemahkan tulisan tangan, suara, hingga percakapan yang langsung dikonversi ke dalam suara.

Anda hanya perlu mengunduh dan instal aplikasi tersebut di Play Store. Selanjutnya, jalankan aplikasi tersebut agar mengenali interface dan menu-menunya. Di layar utama, Anda juga bisa tentukan bahasa asal dan bahasa terjermahan yang diinginkan. Setingan tersebut bisa disesuaikan dengan mudah jikan ingin memilih bahasa yang lain.

Menerjemahkan Foto Tulisan

1. Klik tombol kamera di laman Google Translate.
2. Arahkan kamera ke tulisan yang ingin diterjemahkan.
3. Google Translate secaar otomatis akan mengubah teks-teks tersebut ke bahasa yang dipilih.
4. Jika ingin memindai dan menyalin tulisan tersebut, pilih opsi Scan.
5. Selanjutnya klik Select All di bagian bawah dan tap tombol panah di bagian atas untuk menyalin teks ke lama utama Google Translate.
6. Jika sudah selesai, teks dari foto bisa dikonversi ke teks sehingga Anda bisa langsung menyalinnya untuk berbagai keperluan atau menerjemahkan kembali teks aslinya ke jenis bahasa yang berbeda.

Menerjemahkan Tulisan Tangan

1. Pilih tombol Handwriting.
2. Selanjutnya tuliskan kata dalam bahasa yang Anda pahami.
3. Google Translate secara otomatis akan menerjemahkan frase atau kalimat tersebu, jika Anda ingin melihatnya di panel utama coba klik tanda panah warna biru di bagian atas.
4. Tulisan berhasil diterjamahkan oleh Google Translate.

Menerjemahkan Kalimat dari Percakapan Langsung

Fitur ini sangat bermanfaat bagi para pelancong, di mana mereka bisa menerjemahkan suara dari bahasa asing ke bahasa yang lebih dipahami, berikut caranya:

1. Pilih tombol conversation.
2. Klik tombol bahasa asal lalu dekatkan perangkat ke sumber suara.
3. Google Translate seacar otomatis langsung memutar hasil terjemahan dalam bentuk suara.

Menerjemahkan Suara

Terakhir, Google Translate juga bisa digunakan untuk menerjemahkan input suara selanjutnya mengubanya menjadi teks, berikut langkahnya:

1. Klik tombol voices di laman Google Translate.
2. Pilih ucapkan dan dekatkan ke sumber suara.
3. Google Translate secara otomatis akan mengkonversi hasil terjemahan ke dalam teks dan bisa langsung disalin untuk keperluan tertentu.

Reporter: Aisyah Rahmatul Fajrin
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait