7 Cara Buka Toko di Shopee Mudah, Cepat, dan Menguntungkan

Buka toko di Shopee dapat menjadi salah satu cara untuk memperoleh penghasilan tambahan. Ada tujuh cara untuk melakukannya.
Image title
30 Juni 2021, 18:28
Buka toko di shopee, shopee, belanja online, cara membuat toko shopee, shopee seller
shopee
Ilustrasi platform Shopee

Pasalnya, saat ini aktivitas berbelanja banyak dilakukan melalui marketplace. Shopee merupakan salah satu platform belanja daring atau online terbesar yang ada di Indonesia.

Pengunjung situs ini bahkan tertinggi pertama pada kuartal III tahun 2020 dengan total pengunjung sebanyak 96,5 juta. Nahbuka Toko di Shopee dapat menjadi salah satu cara untuk memperoleh penghasilan tambahan. Berikut caranya.

Cara Membuat Toko Shopee

Untuk menjadi Shopee seller atau penjual ada tujuh langkah yang harus Anda lakukan, yaitu:

1. Mendaftar Akun Shopee

Caranya membuat akun tidak sulit. Pertama, buka situs resmi Shopee dengan menggunakan laptop, komputer, atau  dengan menggunakan aplikasi Shopee di smartphone. Unduh aplikasinya melalui  Google Play Store atau Apple App Store. Berikutnya, klik "Daftar" untuk membuat akun dan mengisi seluruh data yang dibutuhkan dengan benar.

Advertisement

2. Membuka dan Mengatur Toko

Selesai mendaftar, Anda dapat memilih menu “Jual” yang berada di sisi kiri atas. Apabilamenggunakan smartphone opsi ini bertuliskan “Saya” yang berada di kanan bawah. Kemudian klik “Mulai Jual” yang berada di kiri atas.

Selanjutnya, Anda akan dialihkan ke fitur Shopee Seller Center yang menjadi pusat mengelola toko. Kemudian, pilih menu “Pengaturan Toko” dan lengkapi profil toko anda mulai dari nama, deskripsi, logo, foto profil, banner, dan klik “Simpan”.

3. Mengatur Alamat Toko dan Pilih Jasa Pengiriman

Setelah melengkapi seluruh informasi toko, Anda dapat mengisi alamat toko dengan cara pilih menu “Alamat Saya”, kemudian klik opsi “Tambah Alamat Baru”. Isikan seluruh rincian alamat toko dan klik “Simpan”.

Selain mengisi alamat toko, Anda juga diminta untuk memilih jasa pengiriman yang akan digunakan saat ada konsumen membeli produk Anda. Pilih menu “Jasa Kirimku” untuk mengatur ekspedisi yang akan Anda gunakan. Di sana sudah tersedia beberapa opsi jasa pengiriman yang bisa Anda pilih. Kemudian klik “Toggle” yang ada di jasa kirim tersebut sampai warnanya berubah menjadi hijau.

4. Mengatur Rekening Bank

Tahapan berikutnya yang harus Anda lakukan saat membuat toko belanja online di Shopee adalah mengatur rekening bank yang akan Anda gunakan saat transaksi. Caranya,  pilih menu “Kartu/Rekening Bank” dan masukkan password dari akun yang telah Anda buat sebelumnya. Apabila sudah menambah rekning bank, kemudian pilih menu “Tambah Rekening Bank” dan isikan form yang ada lalu klik “Lanjut”.

5. Memulai Jualan

Toko Anda kini sudah siap untuk berjualan. Anda dapat memilih kotak yang berada di samping nama akun kemudian klik menu “Produk Saya”. Anda juga perlu menambahkan produk dengan cara pilih “Tambah Produk Baru”. Lanjutkan dengan mengisi nama produk dan kategori yang sesuai, misalnya Pakaian Laki-laki > Atasan > Kemeja, kemudian klik “Lanjut”.

6. Menambahkan Rincian Produk

Selain menambahkan kategori produk, Anda juga harus menambahkan rincian dari produk yang akan dijual. Rincian yang biasanya diperlukan seperti deskripsi produk, merek, bahan, ukuran, dan beberapa informasi produk lainnya yang dibutuhkan calon pembeli.

Selanjutnya, masukkan jumlah atau stok dari barang yang Anda jual dan harga dari produk tersebut. Kemudian, lanjutkan dengan mengunggah foto produk. Pilih foto terbaik karena konsumen akan melihat apakah produk Anda bagus atau tidak dari foto tersebut. Tambahkan juga rincian seperti berat produk, ukuran paket, dan ongkos kirimnya.

7. Toko Telah Siap dan Lakukan Promosi

Setelah semuanya selesai klik "Simpan dan Tampilkan". Anda juga dapat melakukan promosi produk dengan cara copy link atau pilih opsi share, kemudian bagikan ke media sosial lain yang Anda miliki.

Promosi  sangat diperlukan agar pembeli lebih mengenal dan mengetahui produk yang dijual. Shopee juga telah memberikan fitur promosi yang bisa Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan lupa juga untuk ikut program-program Shopee seperti flash sale, bebas ongkir, cashback, diskon, dan program lainnya yang bisa meningkatkan penjualan Anda.

Itulah tujuh cara buka toko di Shopee. Cara tersebut sangat mudah. Anda hanya membutuhkan gawai dan jaringan internet yang stabil saat melakukannya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait