Zero Waste Antarkan Ajinomoto Raih Katadata Green Initiative Awards

Image title
Oleh Yandi M. Rofiyandi
1 Desember 2022, 12:20
Vice Presiden PT Ajinomoto Indonesia, Tri Mulyo Indianto (kiri) menerima piagam penghargaan Katadata Green kategori Consumer Goods pada acara Regional Summit 2022 di Aryanusa Ballroom, Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Kamis (1/12).
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Vice Presiden PT Ajinomoto Indonesia, Tri Mulyo Indianto (kiri) menerima piagam penghargaan Katadata Green kategori Consumer Goods pada acara Regional Summit 2022 di Aryanusa Ballroom, Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Kamis (1/12).

PT Ajinomoto Indonesia menerima “Katadata Green Initiative Awards” untuk kategori consumer goods. Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan berbagai inisiatif untuk meningkatkan dampak positif bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan.

“PT Ajinomoto Indonesia menerima award karena inovasi mewujudkan zero waste, yang menjadi brand bumbu MSG pertama di Indonesia dengan kemasan ramah lingkungan,” demikian keterangan Katadata Insight Center (KIC) dalam pemberian penghargaan pada 1 Desember 2022 di Jakarta.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan KIC dalam penghargaan ini di antaranya komitmen dan inovasi perusahaan dalam aksi hijau seperti transisi energi bersih. Demikian juga aksi korporasi dalam merealisasikan langkah produksi yang rendah emisi, pembiayaan berkelanjutan, dan sebagainya.

Selain sektor consumer goods, ada tiga kategori lain dalam “Katadata Green Initiative Awards”. Ketiga kategori tersebut yakni perbankan; energi dan pertambangan; dan teknologi dan transportasi.

Penghargaan ini juga masuk rangkaian Regional Summit 2022. Acara tersebut merupakan kegiatan tahunan Katadata sejak 2020 untuk mempertemukan para stakeholder dari pemerintah pusat, daerah, pelaku bisnis, dan civil society agar berkolaborasi mewujudkan pembangunan daerah berkelanjutan.

Penyedap Rasa Kemasan Kertas

Sebagai perusahaan penyedap makanan, Ajinomoto menaruh perhatian besar untuk mengatasi permasalahan penumpukan sampah plastik. Ajinomoto pun telah memulai penggunaan bahan baku kemasan yang ramah lingkungan yaitu kertas.

Ajinomoto meluncurkan produk dengan menggunakan kemasan kertas (paper packaging) bertepatan dengan Hari Bumi Internasional, 22 April 2022. Perusahaan mengambil langkah nyata dalam aksi pelestarian lingkungan dengan melakukan modifikasi, yaitu mengurangi penggunaan plastik dan menggantinya dengan kertas pada kemasan produk.

Ajinomoto menjadi perusahaan pertama yang meluncurkan produk MSG (monosodium glutamat) dengan kemasan berbahan kertas FSC (Forest Stewardship Council). Kemasan pun bersertifikat dan mencantumkan logo Eco Swadeklarasi yang diverifikasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Perubahan ini berpengaruh dalam berkurangnya penggunaan plastik sebesar 30 %.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...