Banjir Kawasan Kampung Pulo Show
Adi Maulana Ibrahim|KATADATA
Image title
2 Januari 2020, 19:15

Foto: Lumpuhnya Denyut Ekonomi Diterjang Banjir Jakarta

Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan beberapa daerah penyangganya menciptakan banjir di sudut-sudut Ibu Kota dua hari ini. Sejumlah aktivitas bisnis lumpuh karena berbagai akses lalu lintas terganggu. PT PLN pun sempat memadamkan listrik untuk menghindari persilangan arus pendek.

Semestinya ada geliat ekonomi yang cukup signifikan di Jakarta saat libur tahun baru 1 Januari 2020. Biasanya warga Ibu Kota akan bepergian ke tujuan wisata seperti Ancol, Monas, Taman Mini Indonesia Indah, dan Kebun Binatang Ragunan. Atau mereka berduyun-duyun ke pusat-pusat perbelanjaan.

(Baca: Gubernur Anies Sebut Kondisi Banjir Jabodetabek Mulai Terkendali)

Namun gelombang banjir memangkas aktivitas periodik tersebut. Lihat saja, misalnya, tak ada kegiatan di Pasar Jatinegara. Pusat perbelanjaan ini terrendam. Produk-produk dagangan terserak di mana-mana, terbawa air, mengambang di lajur-lajur selasar kios.

Sepanjang hari ini para pedagang di sana memindahkan barang-barang jualannya yang masih bisa diselamatkan. Sementara toko-toko yang tak terterjang air tutup, tak ada pembali yang datang.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.