Pelantikan Presiden Dan Wapres 2019-2024 Show
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Image title
21 Oktober 2019, 05:50

Foto: Sumpah Jokowi – Ma’ruf Pimpin Indonesia 2019 – 2024

Berjuta mata menjadi saksi Joko Widodo alias Jokowi dan Ma’ruf Amin mengucapkan sumpah seorang presiden dan wakil presiden. Di depan sidang paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat, keduanya mengucapkan ikrar memimpin Indonesia 2019 – 2024.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Jokowi, Ahad, 20 Oktober 2019.

Dari layar televisi atau media online, penduduk di penjuru Tanah Air menonton upacara kenegaraan tersebut. Seperti korban gempa dan likuifaksi yang masih mendiami tenda hunian di kamp pengungsian Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah. Mereka menyaksikannya dengan antusias.

(Baca: Video Lengkap Pidato Pelantikan Jokowi)

Begitu juga dengan sejumlah pedagang di Pasar Inpres, Senen. Atau pula relawan yang mengikuti pesta rakyat di kawasan Patung Kuda, Jakarta untuk menyambut Presiden dan Wakil Presiden periode 2019 - 2024.

Saat pelantikan Jokowi – Ma’ruf, sekitar seribuan undangan hadir di Gedung Nusantara I, kompleks DPR-MPR. Ada mantan Presiden RI, para ketua umum partai politik, dan tamu negara menghadiri prosesi tersebut. Juga hadir mantan rival Jokowi – Ma’ruf dalam pemilu presiden kemarin, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.