Biru Langit Ibu Kota Show
Adi Maulana Ibrahim |Katadata
Image title
2 Desember 2020, 18:00

Foto: Langit Biru Ibu Kota Jakarta

Hari ini #langitjakarta menjadi trending topic di media sosial Twitter.  Tagar tersebut mewakili suka cita warganet atas pemandangan langit Ibu Kota yang cerah dengan nuansa biru terang disertai hiasan awan-awan putih, tanpa terhalau kabut polusi seperti biasanya. 

Kepala Sub Bidang Iklim Dan Cuaca BMKG, Agie Wandala Putra, menyatakan langit berwarna biru terjadi karena tiga hal utama, yakni cahaya matahari, partikel di atmosfer bumi, dan faktor penglihatan manusia.

Menurut Agie, pada periode saat ini posisi matahari berada di sekitar ekuator hingga 23.5 LS.  Sehingga, pada dasarnya, matahari memancarkan cahaya yang membawa berbagai panjang gelombang, di antaranya x-ray, sinar ultraviolet, cahaya tampak atau spektrum kasat mata, dan gelombang radio atau radio waves.

Kondisi cuaca di wilayah Jakarta yang cerah pada pagi, seperti harini, Rabu (2/12/2020), kata dia, terjadi karena kelembapan udara cukup kering dan angin yang berhembus cukup kencang.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.