Merawat Kearifan Lokal Desa Wisata Kampung Yoboi Show
ANTARAFOTO/Saptono
Image title
Oleh Antara
24 Oktober 2021, 07:30

Foto: Kearifan Lokal Desa Wisata Kampung Yoboi Papua yang Mempesona

Burung dara laut dan sambarannya menyambut sejumlah pengunjung yang menggunakan perahu motor ketika akan bersandar di dermaga Kampung Yoboi, Distrik Sentani, Jayapura, Papua. Kampung Yoboi terletak di tepi Danau Sentani, mempunyai daya tarik yang lengkap mulai dari keindahan alam, keragaman budaya hingga wisata edukasi. Kini menjadi salah tujuan wisata cukup terkenal di Papua.

Desa wisata ini telah memiliki dukungan infrastruktur listrik dan jaringan internet yang sangat baik. Selain masyarakatnya yang sangat ketat menjaga tradisi adat dan budaya leluhur, Kampung Yoboi juga terkenal akan keramahan penduduknya.

Sebagai masyarakat adat, mereka tetap menjaga kelestarian ekosistem kebun sagu yang juga dijadikan lumbung ketahanan pangan. Bahkan pengunjung diajak menikmati program trekking sagu dengan menjelajahi hamparan pohon sagu yang tumbuh di hutan seluas 1.600 hektare. Di hutan tersebut, wisatawan dapat menjumpai lebih dari 20 jenis sagu, menjadi jenis sagu terbanyak di Indonesia.

Wisatawan juga akan melihat langsung pengolahan sagu, mencari ulat sagu, serta menikmati kuliner khas, seperti : ikan kuah hitam, sate ulat sagu, dan berbagai makanan olahan dari sagu. Desa Wisata Kampung Yoboi ini masuk peringkat 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, sebuah ajang yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kampung Yoboi merupakan desa wisata yang mengedepankan kearifan lokal sebagai daya tarik. Dengan strategi promosi yang tepat dan wisatawan nusantara sebagai sasaran utama saat ini, Kampung Yoboi dan desa wisata lainnya di Jayapura akan menjadi tujuan utama wisatawan," kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, saat berkunjung ke Desa Wisata Kampung Yoboi.

Foto dan teks : Saptono

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.