Destinasi Wisata Persawahan Show
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/aww.
Image title
28 September 2021, 07:00

Foto: Desa Wisata, Menarik Pelancong dari Keindahan Persawahan

Berbaris memanjang mengikuti pematang sawah, penari-penari perempuan berbalut selendang merah itu mempertontonkan kelincahan gerakannya. Para penonton berjajar memperhatikan aksi mereka di tengah hamparan sawah yang mulai menghijau. Senin pekan lalu, ini salah satu pertunjukan di desa wisata Banjar, Licin, Banyuwangi, Jawa Timur.

Wisata pedesaan ini bernama Tanaman Padi Black Madras. Area sawah padi berwarna hitam dengan motif penari gandrung itu menjadi destinasi wisata baru dengan konsep persawahan di Banyuwangi. Konsep ini terlihat lebih jelas bila dipotret dari atas dengan ketinggian tertentu, semisal menggunakan drone.

Untuk menarik wisatawan serta memberdayakan lapak usaha mikro kecil menengah UMKM, pemerintah daerah, seperti Banyuwangi, Madiun, dan Batang mengubah areal persawahan menjadi obyek wisata. Berbagai macam pertunjukkan mewarnai masing-masing areal sawah.

Di Batang, misalnya, ada lomba balap sepeda motor gabah yang diikuti 30 warga. Selain mengundang pelancong, kegiatan ini dalam rangka syukuran atas hasil panen padi yang melimpah. Berikut ini potret sejumlah desa wisata dengan basis persawahan yang asri.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.