Energi Lebih Bersih untuk Pertumbuhan Ekonomi

Ignasius Jonan
Oleh Ignasius Jonan
8 September 2019, 22:00
Ignasius Jonan
Ilustrator Joshua Siringo ringo

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk nomor empat terbesar di dunia. Menurut pandangan saya, Indonesia akan tetap menjadi lima besar dalam jumlah penduduk dan 10 besar dalam luas wilayah daratan selama kurun waktu 50 tahun ke depan.

Dilihat dari sisi kapasitas perekonomian, pada saat ini juga menggambarkan bahwa posisi Indonesia berada di peringkat 15 besar di dunia. Saya berharap kita masuk 10 besar pada 2030, bahkan menjadi top lima dunia pada 2050 sejalan dengan pertumbuhan jumlah penduduknya.

Jika secara konservatif pertumbuhan ekonomi Indonesia konsisten sebesar 5 persen per tahun selama 10 tahun ke depan, pada 2030 total produk domestik bruto (PDB) Indonesia akan mencapai sekitar US$ 1,8 triliun. Itu setara dengan total PDB Kanada tahun 2018, yang berada di peringkat ke-10 dunia.

Sepuluh negara dengan PDB terbesar di dunia dalam kurun waktu 10 tahun terakhir hanya tumbuh 1-2 persen per tahun, kecuali Tiongkok dan India. Nah, inilah kesempatan kita mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia paling sedikit 5 persen per tahun, sehingga kita bisa mencapai jumlah lebih besar daripada Kanada tahun 2018 saat memasuki tahun 2030 atau lebih besar daripada Jepang pada 2018 saat memasuki tahun 2050.

Sejarah membuktikan, pasca-reformasi politik dan tata negara pada 1998, selama 20 tahun rata-rata pertumbuhan ekonomi negara kita di atas 5 persen per tahun. Tentunya, dengan upaya yang wajar saja, seharusnya kita bisa mencapai target di atas.

Apakah mungkin PDB Indonesia mencapai lima besar dunia pada 2050?

Secara matematis, saya berharap kita bisa tumbuh rata-rata di atas 6,5 persen per tahun selama 30 tahun ke depan, sehingga kita bisa memposisikan diri menjadi lima besar.

Halaman:
Ignasius Jonan
Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral
Editor: Yura Syahrul

Catatan Redaksi:
Katadata.co.id menerima tulisan opini dari akademisi, pekerja profesional, pengamat, ahli/pakar, tokoh masyarakat, dan pekerja pemerintah. Kriteria tulisan adalah maksimum 1.000 kata dan tidak sedang dikirim atau sudah tayang di media lain. Kirim tulisan ke [email protected] disertai dengan CV ringkas dan foto diri.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...