Kijang, Andalan Toyota Temani Keluarga Indonesia

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
25 Agustus 2021, 09:29
Kijang, Andalan Toyota Temani Keluarga Indonesia
Katadata

Di tengah pandemi Covid-19, Kijang Innova tak kehilangan konsumen. Produk PT Toyota Astra Motor (TAM) itu sempat kembali menjadi mobil terlaris dengan pengiriman ke dealer mencapai 6.250 unit pada April 2021. Angka ini menambah panjang daftar pencapaian dalam perjalanan Kijang di Indonesia.

Milestone lain ialah saat program Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) digulirkan pada 2002. Indonesia dipercaya sebagai pusat pengembangan Kijang Innova, ini sejalan dengan sejarah panjang Kijang yang dirintis sejak 1977 di Tanah Air. Sejak pertama mengaspal, mobil ini berusaha memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia atas MPV yang andal dan tahan lama.

Perjalanan Toyota Kijang generasi pertama sampai dengan yang terakhir merupakan kisah sukses karya anak bangsa. Pasalnya, pada satu unit Kijang melekat banyak rantai pasok lokal. Dengan kata lain, kiprah MPV ini tidak hanya mencitrakan betapa andal dirinya, tetapi juga mencerminkan kualitas produk Toyota secara umum.

Toyota Kijang Innova
Toyota Kijang Innova (Katadata)

BACA JUGA: Impresi Lebih dari 1.000 KM Bersama Toyota Corolla Cross Hybrid

Kijang tumbuh dan berkembang bersama industri otomotif negeri ini dengan melahirkan enam generasi sampai dengan sekarang. Rasanya sudah jadi rahasia umum, mobil ini menjadi salah satu lokomotif dengan total penjualan tertinggi di segmen MPV medium yang melampaui 2 juta unit.

Tak heran, kendaraan roda empat tersebut banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Alhasil, perjalanan Kijang tak lepas dari perjalanan sebagian keluarga di negeri ini. Selain daya angkut mencapai tujuh penumpang, MPV ini juga cakap melaju di berbagai kondisi medan berkat sasis tangga yang kokoh.

Mesin Kijang dikenal andal dan tangguh sejak generasi pertama. Dapur pacunya berciri khas utama irit bahan bakar, bertenaga, dan tahan banting. Mobil ini juga mendadopsi gerak roda belakang yang efektif menyalurkan tenaga mesin serta dibekali ground clearance tinggi.

“Tahan banting dan nyaman menjadi DNA Kijang. Ini mampu menghadirkan peace of mind bagi keluarga Indonesia dan tetap dipertahankan hingga generasi Kijang Innova,” tutur Vice President Director TAM Henry Tanoto, Senin (16/8/2021).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...