Lima Olahan Camilan dari Pisang Kepok yang Bisa Dibuat dengan Mudah

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
18 Oktober 2021, 14:28
PENJUALAN PISANG SAAT RAMADHAN
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.

Ada juga 11 perizinan di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kemudian masing-masing 4 perizinan di Kementerian Pertahanan dan Kementerian Hukum dan HAM

  Tahukah Anda, buah apa yang sangat mudah ditemukan di Indonesia? Ya, jawabannya adalah pisang kepok. Iklim tropis di Indonesia sangat mendukung aneka ragam buah pisang untuk tumbuh dengan subur.

Olahan Camilan dengan Bahan Dasar Pisang Kepok

Pisang kepok merupakan salah satu jenis buah pisang yang sangat mudah dijumpai. Pisang dengan tekstur keras ini ternyata sangat lembut saat dikunyah, serta mempunyai citarasa yang manis.

Mengingat jenis pisang ini sangat mudah dijumpai, ada banyak juga berbagai camilan yang menggunakan bahan baku pisang kepok. Berikut ini beberapa camilan dari bahan dasar pisang kepok yang bisa Anda buat dengan mudah

1. Kolak Pisang

Olahan makanan ini mungkin sudah tidak asing lagi. Ya, pisang kepok seringkali digunakan sebagai isian untuk membuat kolak pisang. Jika Anda ingin membuatnya, Anda perlu menyiapkan pisang kepok, gula merah, gula pasir, daun pandan, santan kelapa dan air.

Untuk membuatnya juga cukup mudah. Anda hanya perlu memotong pisang sesuai dengan selera. Kemudian rebus air, gula merah dan gula putih hingga tercampur.

Selanjutnya, masukkan pisang kepok dan tambahan air. Rebus hingga pisang berwarna kecoklatan. Kemudian tambahkan daun pandan dan santan. Setelah matang, kolak pisang kepok siap disajikan.

2. Pisang Goreng Krispi

Anda penyuka camilan yang renyah? Pisang goreng krispi bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Jika ingin membuatnya, Anda perlu menyiapkan pisang kepok, air dingin, dan tepung pisang goreng krispi.

Untuk membuatnya, iris tipis pisang kepok. Kemudian campurkan tepung pisang goreng krispi dengan air dingin. Celup pisang kepok ke adonan tepung, lalu goreng dengan api kecil hingga berwarna kuning keemasan.

3. Keripik Pisang

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...