Lima Olahan Camilan dari Pisang Kepok yang Bisa Dibuat dengan Mudah

Bagi mereka yang ingin membuat camilan dari bahan pisang kapok dan kebingungan menemukan supplier yang bagus, bisa mencarinya di TaniHub.
Image title
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
18 Oktober 2021, 14:28
PENJUALAN PISANG SAAT RAMADHAN
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.

  

Ada juga 11 perizinan di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kemudian masing-masing 4 perizinan di Kementerian Pertahanan dan Kementerian Hukum dan HAM

  Tahukah Anda, buah apa yang sangat mudah ditemukan di Indonesia? Ya, jawabannya adalah pisang kepok. Iklim tropis di Indonesia sangat mendukung aneka ragam buah pisang untuk tumbuh dengan subur.

Olahan Camilan dengan Bahan Dasar Pisang Kepok

Pisang kepok merupakan salah satu jenis buah pisang yang sangat mudah dijumpai. Pisang dengan tekstur keras ini ternyata sangat lembut saat dikunyah, serta mempunyai citarasa yang manis.

Mengingat jenis pisang ini sangat mudah dijumpai, ada banyak juga berbagai camilan yang menggunakan bahan baku pisang kepok. Berikut ini beberapa camilan dari bahan dasar pisang kepok yang bisa Anda buat dengan mudah

1. Kolak Pisang

Olahan makanan ini mungkin sudah tidak asing lagi. Ya, pisang kepok seringkali digunakan sebagai isian untuk membuat kolak pisang. Jika Anda ingin membuatnya, Anda perlu menyiapkan pisang kepok, gula merah, gula pasir, daun pandan, santan kelapa dan air.

Untuk membuatnya juga cukup mudah. Anda hanya perlu memotong pisang sesuai dengan selera. Kemudian rebus air, gula merah dan gula putih hingga tercampur.

Selanjutnya, masukkan pisang kepok dan tambahan air. Rebus hingga pisang berwarna kecoklatan. Kemudian tambahkan daun pandan dan santan. Setelah matang, kolak pisang kepok siap disajikan.

2. Pisang Goreng Krispi

Anda penyuka camilan yang renyah? Pisang goreng krispi bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Jika ingin membuatnya, Anda perlu menyiapkan pisang kepok, air dingin, dan tepung pisang goreng krispi.

Untuk membuatnya, iris tipis pisang kepok. Kemudian campurkan tepung pisang goreng krispi dengan air dingin. Celup pisang kepok ke adonan tepung, lalu goreng dengan api kecil hingga berwarna kuning keemasan.

3. Keripik Pisang

Membuat keripik sendiri ternyata sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan pisang kepok, bawang putih, garam dan gula putih saja.

Untuk cara membuatnya, kupas pisang kepok, kemudian rendam ke dalam air. Selanjutnya, iris tipis-tipis dan letakkan ke nampan kering. Lalu, haluskan bawang putih, garam dan gula pasir, kemudian campurkan dengan air sebagai bahan celupan pisang.

Setelah itu, goreng pisang hingga berwarna kekuningan. Setelah matang, tiriskan keripik pisang dan masukkan ke dalam toples

4. Nugget Pisang

Nugget memang identik dengan daging. Namun, jika ingin yang berbeda, Anda bisa membuat nugget menggunakan pisang kepok sebagai pengganti daging.

Untuk bahannya sendiri, pisang kepok yang sudah dihaluskan, tepung terigu, gula, telur, susu kental manis, vanili, keju parut, garam dan air secukupnya. Adapun untuk bahan pelapisnya menggunakan tepung maizena, tepung terigu dan tepung roti.

Campurkan semua bahan adonan dan aduk hingga merata. Kukus adonan, kemudian potong adonan sesuai dengan selera Anda. Masukkan adonan dengan tepung maizena yang dicampur dengan air. Selanjutnya taburi dengan tepung roti. Terakhir, goreng hingga berwarna kuning keemasan.

5. Donat Pisang

Sudah bosan dengan donat kentang? Jika iya, Anda bisa membuat donat pisang. Bahan yang perlu Anda siapkan adalah pisang kepok matang yang sudah dihaluskan, tepung terigu, ragi, kuning telur, margarin, air dan susu bubuk.

Untuk cara membuatnya, masukkan tepung terigu, susu bubuk, gula dan ragi. Masukkan telur kuning di tengah adonan, kemudian uleni dengan menambahkan air sedikit demi sedikit. Masukkan pisang dan uleni adonan hingga kalis.

Diamkan adonan kurang lebih satu jam, setelah itu bentuk adonan seperti halnya donat pada umumnya. Terakhir, goreng menggunakan api kecil hingga matang merata.

Itu dia beberapa olahan camilan dari bahan dasar pisang kepok. Nah, buat yang ingin membuat camilan dari bahan pisang dan kebingungan menemukan supplier yang bagus, Anda bisa mencarinya di TaniHub. Sebab, marketplace ini menyediakan produk hasil panen yang masih segar dan berkualitas. Serta diambil langsung dari petani Indonesia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait