Tahun 2022, Awal Revolusi Industri Periklanan Luar Ruang di Indonesia

Nord & Smith meluncurkan sebuah platform inventory OOH terukur terbesar, yang merevolusi industri periklanan luar ruang di Indonesia
Image title
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
23 November 2021, 09:00
Tahun 2022, Awal Revolusi Industri Periklanan Luar Ruang di Indonesia
Katadata

Media luar ruang atau out-of-home (OOH) merupakan bentuk periklanan tertua di dunia, dan meskipun melihat banyak perubahan dalam formatnya, kemajuan yang sama tidak terlihat di sisi analisis datanya, terutama di Indonesia.

Sebagian besar layanan hanya menyediakan data ke berberapa titik media luar ruang yang jumlahnya sangat terbatas dan tidak memiliki inventaris OOH nasional yang dapat diukur melalui rangkaian KPI atau parameter yang sama.

Oleh karena itu Nord & Smith, sebuah perusahaan teknologi iklan yang berspesialisasi dalam analisis data dan investasi media OOH, meluncurkan sebuah platform inventory OOH terukur terbesar, yang merevolusi industri periklanan luar ruang di Indonesia.

Sama seperti industri Ojek, media luar ruang di Indonesia merupakan industri yang sangat tua dan matang. Dan hari ini, sama dengan Ojek sekitar satu dekade yang lalu, industri OOH belum dapat diatur dengan mudah di Indonesia, sangat berantakan, dan tidak memiliki ekosistem berbasis teknologi untuk mendukung industri tersebut.

Hal ini memiliki dampak tinggi pada pemangku kepentingan utama dalam industri, contohnya brand manager akan takut memiliki pengeluaran iklan luar ruang yang terlalu tinggi karena sulit mendapatkan data akurat untuk membuat laporan hasil iklan, terutama saat dilakukan secara nasional.

Menurut CEO Nord & Smith Kavindra Airlangga, revolusi industri media OOH telah dimulai di Eropa yang didorong oleh pemain utama industri seperti JCDecaux. Selain itu, peraturan seperti GDPR Eropa juga telah mempercepat kebutuhan akan data media luar ruang, sebagai alternatif dari data digital. Integrasi antara big data dan media luar ruang akan menjadi kunci untuk mulainya revolusi ini.

Oleh karena itu, menurut lulusan dari Grenoble Graduate School of Business di Paris, Prancis tersebut, Nord & Smith menjadi partner marketing OOH nomor 1 di Indonesia dengan menyediakan teknologi yang mengintegrasi big data dengan dunia media luar ruang.

Pada 2022, untuk pertama kalinya di Indonesia, semua bisnis dapat memantau kampanye media OOH di seluruh Indonesia. Nord & Smith membantu brand di Indonesia untuk menganalisis data impresi, reach, dan profil audiens dari titik-titik billboard statis dan LED secara nasional.

Selama tiga tahun terakhir, Nord & Smith telah mengumpulkan data impresi dan reach di Indonesia dan mengembangkan platform machine learning yang dapat menganalisis data impressi untuk lebih dari 4.000 titik media luar ruang dari Sabang sampai Merauke. Hal ini menjadikan Nord & Smith sebagai penyedia media OOH terukur terbesar di Indonesia.

Pelajari lebih lanjut tentang servis dan data yang di sediakan nord and smith di www.nordandsmith.com

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait