Telkom Hadirkan Infrastruktur TIK Canggih di Mandalika

Image title
Oleh Sahistya Dhanes - Tim Publikasi Katadata
11 Maret 2022, 15:59
telkom
Telkom
Komisaris Telkom Arya Sinulingga (kanan) menyapa & memberikan dukungan moral kepada Satgas TelkomGroup MotoGP Mandalika yang sedang bertugas saat kunjungan kerja peninjauan kesiapan infrastruktur telekomunikasi TelkomGroup di Mandalika, Kamis (10/3).

Dengan kontribusi lebih dari empat persen terhadap PDB, pariwisata menjadi salah satu sektor andalan pemerintah untuk menambah pundi-pundi negara.

Lewat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), pemerintah terus berupaya mengembangkan lima kawasan menjadi Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

Salah satu titik tersebut adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Nusa Tenggara Barat yang nantinya akan menjadi lokasi perhelatan event internasional MotoGP pada 18-20 Maret 2022. 

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) selaku perusahaan plat merah turut mendukung rencana pemerintah dengan mendorong digitalisasi di kawasan Mandalika. 

Bekerja sama dengan Indonesia Tourism Development Corporation Group (ITDC Group), Telkom menghadirkan infrastruktur teknologi dan komunikasi (TIK) serta dukungan terhadap UMKM dan ekosistem di sekitar kawasan. 

Bicara infrastruktur TIK, Telkom sukses melakukan penggelaran jaringan meliputi ekspansi backbone, pemasangan fiber optic, hingga penambahan Node B Combat Telkomsel sebesar 7.22 Gbps yang disediakan di area MASIV (Media, Accomodation, Security, International Airport, dan Venue) dengan layanan meliputi View, Internet, dan Phone (VIP).

Dukungan lainnya dari Telkom adalah penyediaan sinyal 5G, pembangunan 382 menara dan compact mobile BTS Telkomsel, cyber security support, serta kehadiran lebih dari 400 petugas untuk pelayanan 24 jam. 

Dukungan juga hadir dalam bentuk penyediaan platform, booking apps dan situs pemesanan seperti tiketapasaja.com, MySooltan, Wonderin, Padi UMKM dan Travel Aja. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...