Transaksi di Kota Tier 2 dan 3 Meningkat, Pangsa E-Commerce Meluas

Muhammad Taufik
Oleh Muhammad Taufik - Tim Riset dan Publikasi
10 Juni 2022, 17:29
Transaksi di Kota Berpenduduk Meningkat, Pangsa E-Commerce Meluas
Kredivo

Inovasi layanan keuangan dalam industri perdagangan seperti e-commerce semakin dibutuhkan untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia.

Terlebih lagi, pola perilaku dan preferensi konsumen juga semakin dinamis di tengah pesatnya pertumbuhan ekonomi digital di Tanah Air.

Advertisement

Hal tersebut terungkap dalam hasil riset Kredivo bersama Katadata Insight Center (KIC) bertajuk ’Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia’.

Riset ini merupakan riset tahunan mengenai perilaku konsumen e-commerce di Indonesia. Di tahun ketiga ini, Kredivo dan KIC memanfaatkan data primer, 16 juta sampel transaksi pembayaran yang berasal dari 1,5 juta sampel pengguna Kredivo di lima e-commerce terbesar di Indonesia selama 2021 dan survei yang dilakukan ke hampir 3.500 responden di berbagai wilayah Indonesia.

Berdasarkan riset tersebut terlihat bahwa pada 2021 proporsi jumlah transaksi dan nilai transaksi e-commerce di kota-kota tier 2 meningkat.

Jumlah transaksi naik dari 31 persen menjadi 34 persen dari total transaksi di tahun tersebut, sementara nilai transaksi meningkat dari 28 persen pada tahun sebelumnya menjadi 30 persen.

Meningkatnya transaksi e-commerce di kota-kota tier lebih rendah tersebut didorong oleh upaya pemerintah melakukan pemerataan infrastruktur, termasuk infrastruktur digital dan rantai pasok.

Meningkatnya proporsi e-commerce dan nilai rata-rata transaksi di kota-kota tier rendah--2 dan 3-- menunjukkan pangsa e-commerce semakin diterima di seluruh daerah.

Hasil temuan Kredivo dan KIC juga menunjukkan inklusivitas layanan digital telah menjangkau berbagai generasi. Ini dibuktikan oleh peningkatan transaksi belanja online pada konsumen yang berumur lebih tua dengan rentang 36-45 tahun dari 19% pada 2020 menjadi 23% dari total transaksi pada 2021.

Riset juga menunjukkan laki-laki masih mendominasi proporsi transaksi di e-commerce. Pada 2021, 62 persen jumlah transaksi dan 64 persen nilai transaksi berasal dari konsumen laki-laki.

Temuan menarik lainnya adalah tingginya aktivitas digital selama pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di tahun 2021. Hal itu ditunjukkan dengan peningkatan proporsi jumlah transaksi pembelian pulsa dan paket data, dari semula sebesar 14 persen pada 2020 menjadi 23 persen pada tahun berikutnya.

Produk pulsa dan voucher untuk kebutuhan harian seperti listrik dan air menjadi kategori paling banyak dibeli oleh konsumen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement