Akselerasikan QRIS, Bank Mandiri Nontunaikan Transaksi di Thamrin City

Bank Mandiri bekerja sama dengan PT Jakarta Realty untuk memperluas pemakaian QRIS di Thamrin City
Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
14 Desember 2021, 17:05
QRIS Bank Mandiri
Katadata

Bank Mandiri terus mendorong digitalisasi melalui gerakan cashless society. Salah satunya dengan aktif mengembangkan produk dan layanan perbankan digital  guna memenuhi kebutuhan nasabah dan masyarakat.

Untuk itu, perseroan  mengakselerasi  penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai alat transaksi merchant

Tercatat, sampai dengan  November 2021 lalu jumlah merchant QRIS Mandiri yang telah terregistrasi mencapai 865 ribu. Jumlah ini meningkat signifikan dibandingkan akhir 2020 sebanyak 390 ribu merchant, dan telah melebihi target perluasan QRIS Bank Mandiri periode 2021.

QRIS telah digunakan mulai dari pedagang mikro, kecil, menengah dan besar pada berbagai sektor usaha. Selain itu juga sudah digunakan untuk donasi sosial keagamaan di seluruh provinsi dan kabupaten/kotamadya. 

Agar tetap mendorong pemanfaatan dan transaksi QRIS sebagai metode pembayaran, Bank Mandiri pun menggelar Cashless Fair Livin’ by Mandiri. 

Pada kesempatan ini, selain melakukan edukasi transaksi cashless, Bank Mandiri juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT Jakarta Realty. Perusahaan ini pionir pengelola gedung pusat perbelanjaan dalam penerapan QRIS sebagai alat pembayaran service charge di sekitar 9.600 tenant di Thamrin City.

“Dengan adanya kerja sama ini, kami harapkan dapat memperluas penggunaan QRIS sebagai salah satu sarana pembayaran non tunai pada masyarakat, dan mendorong kemudahan bertransaksi secara digital,” kata Direktur Jaringan & Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto saat membuka Cashless Fair Livin’ by Mandiri di Thamrin City, Selasa (14/12). 

Di masa pandemi Covid-19 ini, Thamrin City sudah berangsur kian membaik. Saat ini Thamrin City meningkatkan pemakaian cashless, yaitu menggunakan QRIS yang bekerja sama dengan Bank Mandiri.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta Onny Widjanarko, Kepala Grup Implementasi Sistem Pembayaran Kantor Perwakilan BI DKI Jakarta Suharman Tabrani dan Deputi Direktur Pengawasan Perbankan 2 OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten R. Hesty Soemanto.

Tampak pula Direktur Utama PT Jakarta Realty Mualim Wijoyo dan RCEO Regional IV Jakarta 2 Bank Mandiri Trilaksito Singgih, serta perwakilan tenant pusat perbelanjaan Thamrin City.

Livin’ by Mandiri

Aquarius menjelaskan, super app Livin’ By Mandiri dengan logo kuning memiliki banyak keunggulan yang didukung oleh fitur yang lebih lengkap dibanding aplikasi transaksi finansial lainnya.

Misalnya, fitur quick access yang mempersingkat waktu pengguna Livin' by Mandiri untuk melakukan cek saldo tabungan serta mutasi rekening dengan cepat karena tidak perlu Login ke aplikasi Livin.

Bukan cuma itu, super app Livin' by Mandiri juga memungkinkan calon nasabah untuk membuka rekening baru lewat aplikasi dengan mudah, cepat dan aman. 

Manajemen Bank Mandiri berharap melalui peluncuran Livin’ by Mandiri, nasabah Bank Mandiri dan masyarakat umum yang belum menjadi nasabah dapat menikmati kemudahan layanan perbankan.

“Diharapkan Bank Mandiri dapat hadir lebih dekat dengan layanan yang mudah dan aman di tengah masyarakat,” ujar Aquarius.

Super app Livin' by Mandiri, kini semakin terhubung dengan ekosistem digital, seperti  transaksi yang sehari-hari yang dilakukan oleh kita (belanja, top up e-wallet atau transaksi online e-commerce).

Selain itu, Super app Livin' by Mandiri juga menyediakan layanan tarik tunai tanpa kartu yang dapat dimanfaatkan juga sebagai  sarana pengiriman uang tanpa rekening bank.

Tercatat, hingga November 2021, super app Livin’ by Mandiri telah digunakan secara aktif oleh lebih dari 2,6 juta nasabah di Jabodetabek. Jumlah pengguna ini diyakini akan terus bertambah seiring banyaknya benefit yang ditawarkan Super app Livin’ by Mandiri.

Untuk lebih meningkatkan kenyamanan nasabah, Bank Mandiri juga menyajikan berbagai promo yang dipersonalisasikan khusus untuk nasabah pengguna New Livin’ by Mandiri.

Salah satunya program undian dengan hadiah 100 BMW X1 serta 1.000 Vespa Sprint dan Yamaha NMAX yang akan berlangsung hingga 3 Juni 2022.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait