Bank Mandiri dan MIND ID Tanda Tangani Kerja Sama Notional Pooling

Kerja sama Bank Mandiri dan MIND Ini merupakan bentuk sinergi antar-BUMN
Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
21 Desember 2021, 22:46
Bank Mandiri #29
Katadata

Bank Mandiri berkomitmen selalu memberikan solusi terbaik kepada nasabah yang telah memberi kepercayaan menjadi mitra finansial pilihan.  Sejalan dengan komitmen tersebut, Bank Mandiri dan Mining Industry Indonesia (MIND ID), BUMN holding industri pertambangan, melakukan kerja sama dengan skema notional pooling dan pemberian fasilitas kredit modal kerja.

Kerja sama ini  merupakan bentuk sinergi BUMN untuk mendorong perkembangan industri pertambangan di Indonesia.

Perjanjian kerja sama untuk skema notional pooling ini ditanda tangani di Jakarta pada 20 Desember 2021 oleh Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Susana Indah Kris Indriati, didampingi oleh Direktur Treasury & International Banking Panji Irawan dan Direktur Keuangan MIND ID Devi Pradnya Paramita.

Hadir pula Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT ANTAM Tbk Anton Herdianto, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Bukit Asam Tbk Farida Thamrin serta Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Timah Tbk. Wibisono.

Skema notional pooling adalah salah satu solusi keuangan untuk membantu pengelolaan funding perusahaan dalam satu grup agar lebih efektif, serta sebagai alat dalam monitoring likuiditas keuangan perusahaan dalam grup usaha.

Layanan berbasis teknologi ini diyakini mampu menjadi jembatan antara perusahaan yang memiliki kebutuhan dana jangka pendek dengan perusahaan yang memiliki dana idle tanpa adanya perpindahan dana antarperusahaan dalam satu grup.

Menurut Panji Irawan, di tengah kondisi perekonomian yang cukup menantang saat ini, pengelolaan likuiditas menjadi salah satu kunci utama kesuksesan. “Skema notional pooling solusi yang tepat untuk pengelolaan likuiditas keuangan grup usaha,” kata dia.

Beberapa keunggulan utama skema tersebut antara lain monitoring saldo konsolidasi secara harian, tidak terdapat perpindahan dana, mengurangi mismatch cash flow pada peserta pooling dan efisiensi. “Harapan kami, kerja sama ini dapat mengoptimalkan dan mengefisiensikan manajemen kas perusahaan,” kata Devi Pradnya Paramita, Direktur Keuangan MIND ID.

Kerja sama itu, ujarnya, diharapkan juga meningkatkan sinergi, tidak hanya antar Grup MIND ID tetapi juga sinergi antar BUMN.

Menurut Panji, selain layanan notional pooling, Bank Mandiri selaku bank milik Pemerintah Indonesia, mentransformasi digital experience-nya untuk menjawab kebutuhan nasabah retail dan wholesale, serta tantangan tren digitalisasi layanan perbankan.

Salah satunya meluncurkan inovasi produk terbaru, yaitu Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri dengan konsep layanan digital single access untuk nasabah wholesale dan Digital Super Platform Livin by Mandiri untuk nasabah individu.

Dia berharap ke depan Bank Mandiri juga dapat tumbuh sejalan dengan perkembangan bisnis Grup MIND ID melalui sinergi BUMN dan tetap menjadi partner bank utama bagi MIND ID sebagai BUMN holding industri pertambangan nasional.

“Bagi kami, kesuksesan Grup MIND ID adalah bagian dari milestone penting kami,” ujar Panji.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait