Jakarta Recycle Center Libatkan Masyarakat Atasi Sampah di Ibu Kota

Pemerintah daerah dan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengajak warga mendaur ulang sampah melalui program Jakarta Recycle Center.
Image title
Oleh Melati Kristina Andriarsi - Tim Riset dan Publikasi
27 November 2020, 16:56

Volume sampah di Jakarta terus meningkat. Pada 2019, jumlah volume sampah di Jakarta mencapai 7.700 ton setiap hari. Guna mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta berinovasi melibatkan masyarakat dalam mendaur ulang sampah melalui program Jakarta Recycle Center (JRC). Adapun terdapat 1.355 kepala keluarga di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan yang telah berpartisipasi dalam program tersebut.

Dalam programnya, Pemda dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jakarta melakukan sosialisasi hingga pendampingan warga dalam mempraktikkan pemilahan sampah. Selain itu, Pemda juga berkolaborasi dengan Pemerintah Osaki, Jepang dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP) untuk merealisasikan target pada 2023 untuk mengajak 200 ribu warga Pesanggrahan berpartisipasi mendaur ulang sampah.

CAP berkontribusi dalam menyediakan 36 ribu kantong plastik terpilah berbahan daur ulang. Selain itu, perusahaan petrokimia tersebut turut melakukan pendampingan dan sosialisasi, menyediakan poster edukasi pemilahan sampah, serta mengevaluasi keberhasilan program JRC.