Kemiskinan Membayangi Provinsi Kaya Sawit

Kemiskinan dan ketimpangan ekonomi masih membayangi masyarakat di provinsi kaya sawit.
Image title
Oleh Melati Kristina Andriarsi - Tim Riset dan Publikasi
20 Januari 2021, 18:55

Meskipun kaya akan sawit, masyarakat yang berada di provinsi dengan tutupan sawit terbesar belum sejahtera. Empat dari sepuluh provinsi kaya sawit memiliki persentase penduduk miskin lebih tinggi dari rata-rata nasional. Sumatra Selatan memiliki persentase kemiskinan penduduk tertinggi yang angkanya mencapai 12,6 persen.

Tiga provinsi kaya sawit lainnya juga berada di atas rata-rata kemiskinan nasional, yaitu Jambi, Aceh dan Sumatra Utara dengan persentase masing-masing sebesar 10,41 persen, 9,84 persen, dan 8,73 persen. Adapun rata-rata presentase penduduk miskin di Indonesia mencapai 7,38 persen.

Selain kemiskinan, ketimpangan ekonomi juga masih terjadi di berbagai daerah kaya sawit. Tujuh dari sepuluh provinsi memiliki rata-rata konsumsi non pangan lebih rendah dari rata-rata nasional. Tak hanya itu, terdapat 18,12 triliun potensi Pajak Bumi Bangunan (PBB) Perkebunan yang tidak terpungut pada 2019 lalu.    

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.